Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilu 2024, Rektor UB Serukan 4 Imbauan Ini

Kompas.com - 05/02/2024, 16:04 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pemiihan umum (Pemilu) 2024 tinggal menghitung hari. Pesta demokrasi itu akan dilaksanakan pada Rabu (14/2/2024).

Adanya pesta demokrasi, Rektor Universitas Brawijaya (UB), Prof. Widodo menyerukan empat imbauan kepada sivitas akademika.

Baca juga: Pemilu 2024, Rektor IPB Imbau Lima Hal Ini

Prof. Widodo mengharapkan imbauan ini bisa dilaksanakan dengan, dengan tujuan, agar pemilu tercapai dengan baik.

Setidaknya ada empat imbauan dari Rektor UB kepada seluruh sivitas akademika UB seperti dikutip dari akun Instagram @univ.brawijaya pada Senin (5/2/2024):

1. Menjaga kerukunan, persatuan, dan kesatuan sebelum dan sesudah pelaksanaan Pemilihan Umum Tahun 2024.

2. Melaksanakan kode etik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa dalam melaksanakan kebebasan mimbar akademik dan asas netralitas, tidak menunjukkan sikap keberpihakan pada partai politik dan/atau salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, dan/atau melakukan kegiatan yang berhubungan dengan partai politik.

Baca juga: Sivitas Akademika UI Siap Kawal Pemilu 2024 yang Jujur dan Adil

3. Mengawal proses demokrasi yang bermartabat dan penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil dengan menjaga integritas akademik sehingga tercipta suasana yang sejuk dan membahagiakan dalam berbangsa dan bernegara.

4. Bersikap arif dan bijaksana serta mengedepankan rasa damai dan keeluargaan dalam menghadapi isu atau perbedaan pendapat dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Baca juga: 6 Pernyataan Sikap Rektor UIN Jakarta Terkait Pemilu 2024

Prof. Widodo mengajak seluruh sivitas akademika UB menjaga soliditas, hubungan yang baik antar unsur, serta iklim akademik yang berintegritas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com