Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITB Berikan Beasiswa ke 7.607 Mahasiswa di Sepanjang 2023

Kompas.com - 20/12/2023, 14:40 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) berkomitmen mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berkualitas, baik dari segi akademik maupun non-akademik.

Salah satu bentuk dukungannya berupa program beasiswa. Beasiswa tersebut dapat berupa biaya pendidikan, bantuan biaya hidup, bantuan tugas akhir, maupun pemberian barang yang dapat menunjang perkuliahan.

Program beasiswa di ITB terbagi menjadi dua jenis, beasiswa pemerintah dan non pemerintah. Beasiswa pemerintah berasal dari pemerintah pusat maupun daerah.

Sementara itu, beasiswa non pemerintah berasal dari organisasi swasta, lembaga, maupun perusahaan yang berkomitmen dalam bidang pendidikan.

Baca juga: Ini Jenis Beasiswa yang Dibuka di ITB

Pada tahun 2023, terdapat 12 mitra pemberi beasiswa pemerintah dan 66 mitra pemberi beasiswa non pemerintah.

Total penerima manfaat dari beasiswa pemerintah pada tahun ini sebanyak 5.464 orang. Adapun penerima beasiswa non-pemerintah mencapai 2.143 orang.

Total mahasiswa ITB penerima manfaat dari dua jenis beasiswa tersebut mencapai 7.607 orang.

Sejumlah mahasiswa merespons baik adanya program beasiswa dari ITB yang berasal dari para mitra. Dengan bantuan yang ada, para mahasiswa semakin optimistis mengejar cita-citanya dan mengabdi bagi kemajuan bangsa melalui ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Salah seorang penerima beasiswa, Hendrik Aziz Zulfikar dari Program Studi Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) angkatan 2022 mengaku, ITB sudah menjadi tujuan awalnya untuk melanjutkan studi.

Dia berasal dari keluarga menengah ke bawah, tapi berkeinginan besar untuk mengikuti perkuliahan yang baik. Salah satu jalan baginya untuk mendapatkan hal tersebut adalah dengan beasiswa.

"Dengan beasiswa ini, ada dua hal yang saya terima, yakni pembebasan UKT dan uang saku. Saya juga mendapatkan banyak manfaat lainnya, seperti pelatihan karakter atau leadership, yang bermanfaat bagi soft skill saya," kata dia dilansir dari laman ITB, Rabu (20/12/2023)>

Dengan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang diterimanya, dia berharap dapat terus berkontribusi dalam berbagai hal.

"Harapannya saya bisa terus meng-upgrade diri dan ke depannya bisa menyumbangkan peran sebagai mahasiswa, baik dalam bentuk ide, karya, dan yang paling penting dapat bermanfaat," ujar pria asal Tasikmalaya tersebut.

Penerima beasiswa lainnya adalah George Steven Limson Sinaga yang merupakan mahasiswa dari Program Studi Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) angkatan 2022. Dia menyampaikan, beasiswa yang diterimanya membuatnya lebih termotivasi untuk berkembang.

Baca juga: Syarat Mendaftar Beasiswa LPDP Jenjang S2, Dibuka Januari 2024

Mahasiswa asal Jambi tersebut mendapatkan Beasiswa Teladan Foundation.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com