Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jenis Beasiswa yang Dibuka di ITB

Kompas.com - 01/12/2023, 17:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) senantiasa memberikan berbagai bantuan kepada mahasiswa, salah satunya berupa penyediaan beasiswa.

Beasiswa sendiri merupakan bantuan yang diberikan kepada mahasiswa, dapat berupa beasiswa ekonomi ataupun beasiswa prestasi, demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh.

Baca juga: Kisah Zizi, Lulusan Termuda ITB pada Usia 19 Tahun

Pemberian beasiswa dapat berupa biaya Pendidikan, bantuan biaya hidup, bantuan tugas akhir atau dapat pula berupa pemberian barang yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan.

Dilansir dari laman ITB, Jumat (1/12/2023) memberitahukan program beasiswa di ITB umumnya dibedakan menjadi dua jenis, yakni beasiswa pemerintah dan beasiswa non-pemerintah.

Sesuai dengan namanya, beasiswa pemerintah adalah beasiswa yang disediakan oleh pemerintah, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Kemudian ada beasiswa non pemerintah atau swasta, yang berasal dari organisasi swasta, lembaga, atau perusahaan yang mempunyai perhatian dan komitmen di bidang pendidikan.

Berdasarkan data, pada tahun 2023 terdapat 12 mitra pemberi beasiswa pemerintah serta ada 66 mitra pemberi beasiswa non-pemerintah.

Adapun jumlah total penerima manfaat dari beasiswa pemerintah pada tahun 2023 adalah 5.464 orang. Sementara itu, total mahasiswa penerima beasiswa non-pemerintah pada tahun 2023 berjumlah 2.143 orang.

Sehingga total mahasiswa penerima manfaat, baik dari beasiswa pemerintah maupun non-pemerintah berjumlah 7.607 orang.

Selain bantuan berupa biaya pendidikan, terdapat juga dukungan dari mitra non-pemerintah berupa penyediaan alat berupa laptop, yang dapat menunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa.

Penerima beasiswa sendiri merupakan mahasiswa aktif ITB yang dengan persyaratan tertentu dan telah disetujui oleh pengelola atau pemberi beasiswa.

Baca juga: 5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat Surat Rekomendasi

Dengan adanya berbagai program beasiswa ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk semakin mendapatkan akses ke pendidikan yang lebih berkualitas.

Para penerima manfaat juga dapat semakin didorong untuk mengasah kemampuan pengetahuannya. Melalui beasiswa, mahasiswa juga dapat meningkatkan keterampilan mereka di bidang tertentu.

Selain itu, mahasiswa penerima manfaat juga kerap didorong untuk terlibat dalam proyek atau tugas penelitian yang dapat meningkatkan kemampuan analitis, berpikir kritis, serta pemecahan masalah.

Baca juga: Mahasiswa ITB Ini Gapai IPK 4,00, Ini Tips Belajarnya

Dengan berbagai pengembangan kemampuan dan daya berpikir tersebut, mahasiswa diharapkan dapat semakin siap menghadapi tantangan kompleks, sebagai fondasi yang kuat bagi kesuksesan mereka di masa yang akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com