Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Kecintaan Sains, Victoria Raih Gelar Juara Dunia "Vanda International Science Competition 2023"

Kompas.com - 13/12/2023, 17:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Victoria Severine Liono (10 tahun), siswi kelas 6 Singapore School, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, meraih nilai tertinggi di ajang "Vanda International Science Global Finals 2023 STEAM Ahead Competition" dan berhak menyadang gelar Juara Dunia atau Overall World Champion.

Sebagai informasi, "Vanda International Science Competition" merupakan kompetisi sains internasional yang diadakan setiap tahun bagi siswa di seluruh dunia dan fokus pada kemampuan siswa berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan pertanyaan.

Seremoni penyerahan hadiah "Vanda International Science Competition" digelar di Bali pada 7-11 Desember 2023 di Bali.

"Saya tidak menyangka akan menjadi juara dunia di Global Finals 2023 Vanda International Science Competition ini tetapi saya sangat berterima kasih atas support dan dukungannya," ungkap Victoria melalui pesan singkat kepada Kompas.com (13/12/2023).

"Saya akan selalu tetap berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Terima kasih," tambah siswi yang memiliki hobi gymnastic, cheerleading, membaca, renang and bermain piano ini.

Kompetisi ini sebenarnya bukanlah kali pertama diikuti Victoria. Pada Desember 2022 lalu, Victoria berhasil menjadi Juara II Dunia (1st Runner up) di Singapura pada ajang lomba sains yang sama ini.

Saat itu, Victoria senang atas prestasi yang diraih namun dirinya menyebut bahwa mungkin dapat menyandang Juara Dunia apabila belajar lebih giat lagi.

Dan mulai saat itu, ia terus berusaha dan memacu diri dengan harapan agar suatu hari dapat meraih kesuksesan yang lebih besar hingga akhirnya Victoria berhasil meraih gelar "Juara Dunia" dan mengukir peringkat dengan nilai tertinggi di seluruh dunia.

Puteri pasangan Natalia Anneke Chandra dan Henry Marcus Liono ini juga belum lama memenangkan medali emas untuk lomba debat internasional di Yale University, New Haven, Connecticut, Amerika Serikat.

Baca juga: Chintya, Lulusan Cumlaude Undip yang Raih Banyak Prestasi

Kecintaan Victoria untuk berkompetisi sains dan matematika sudah dimulai sejak kelas 3 SD di mana dirinya juga memenangkan Peringkat Pertama WIMO (World International Mathematical Olympiad) tahun 2021.

Kemudian ia pun meraih lagi juara kedua atau ‘1st Runner Up’ IJMO (International Junior Math Olympiad) Final Math Competition yang diikuti pada Desember 2021 lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com