Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Dosen UNS Raih Anugerah dari Kemendikbud di Bidang Ini

Kompas.com - 14/11/2023, 11:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada World Scientific Forum of Indonesia (WSFI) 2023 di Hotel Grand Hyatt Bali, Senin (13/11/2023), ada dua dosen Universitas Sebelas Maret (UNS) yang raih anugerah.

Mereka adalah Prof. Ir. Ubaidillah, S.T., M.Sc., Ph.D., dan Dr. Adam Wahida, S.Pd., M.Sn., yang meraih penghargaan Anugerah Academic Leaders.

Adapun Ubaidillah meraih penghargaan pada Sub Kategori Dosen Bidang Teknologi. Sedangkan Dr. Adam Wahida meraih penghargaan pada Sub Kategori Dosen Bidang Seni dan Budaya.

Pada acara yang disiarkan melalui kanal Youtube Ditjen Diktiristek tersebut dijelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan anugerah dosen sebagai Academic Leader diberikan kepada dosen yang selama bertugas telah menghasilkan karya inovatif bidang pembelajaran.

Baca juga: UNS Raih Predikat 4-Star QS Rating

Serta pada bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, berkontribusi nyata terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi tempat bekerja, menginspirasi teman sejawat dan sangat bermanfaat bagi pembangunan nasional.

Selain itu, Anugerah Dosen sebagai Academic Leader ini merupakan salah satu prakarsa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Tentunya untuk menggelorakan dan memperkuat implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) guna menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia unggul, berakhlak mulia, dan berkepribadian Pancasila.

Penyelenggaraan kegiatan pemberian anugerah Dosen sebagai Academic Leader tahun 2023 dilaksanakan dengan asas kebebasan akademik, partisipatif, keterbukaan, akuntabilitas, manfaat (komersial, ekonomi dan atau sosial-budaya), serta keberlanjutan.

Sementara tujuan dari penyelenggaraan kegiatan pemberian anugerah Academic Leader itu juga untuk memberikan dorongan kepada dosen agar terpacu untuk mengembangkan ide kreatif dalam implementasi MBKM dan secara nyata berkontribusi terhadap pencapaian IKU.

Tujuan lain ialah untuk membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersial.

Baca juga: Tim UNS Juara 1 Divisi LBFERC Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2023

Serta ekonomi dan atau sosial budaya secara berkelanjutan melalui kerja sama dengan berbagai pihak, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Rektor UNS, Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum., mengaku bangga kepada dua Dosen UNS tersebut. Mereka dinilai telah membawa nama UNS kian tinggi dan berkontribusi dalam implementasi IKU.

"Saya sebagai rektor sangat bangga dengan capaian dua dosen kami yang menerima penghargaan Dosen sebagai Academic Leader dari Kemendikbud Ristek," ujar Prof. Jamal dalam keterangan tertulisnya, Selasa (14/11/2023).

"Ini adalah pencapaian luar biasa yang mencerminkan komitmen dan dedikasi mereka terhadap bidang akademik yang mereka geluti," imbuh Rektor UNS.

Prof. Jamal menanggapi capaian Prof. Ubaidillah yang juga Guru Besar UNS sebagai prestasi yang mengesankan. Karena, teknologi adalah bidang yang terus berkembang.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com