Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim UNS Juara 1 Divisi LBFERC Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2023

Kompas.com - 12/11/2023, 11:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UNS

KOMPAS.com - Pada ajang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023, tim Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil meraih prestasi.

Tim bernama Bengawan Unmanned Vehicle (UV) Team tersebut meraih Juara 1 Divisi Leisure Boat Fuel Engine Remote Control (LBFERC).

Dilansir dari laman UNS, Sabtu (11/11/2023), kegiatan tersebut merupakan kompetisi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek pada 22—25 Oktober 2023 di Universitas Indonesia.

Pada KKCTBN 2023 ini, Bengawan UV mengirimkan tiga tim dari tiga kategori peforma prototipe, yaitu Leisure Boat Electric Remote Control (LBERC), Leisure Boat Fuel Engine Remote Control (LBFERC), dan Autonomous Tourism Surface Vessel (ATSV).

Baca juga: UNS Raih Predikat 4-Star QS Rating

Menurut Rizky Cahyo Setiawan selaku ketua tim, dalam kompetisi ini, masing-masing kategori memiliki lintasan dan misi yang berbeda.

Pada kategori LBERC, terdapat misi melewati lintasan lomba secepat mungkin dengan menambahkan beban sebanyak 2 kg pada lambung kapal dan tanpa beban.

Sementara, pada LBFERC, misi yang harus dihadapi adalah melewati lintasan secepat mungkin dengan menambah beban 3 kg dan tanpa beban pada lambung kapal.

"Untuk penilaian LBERC dan LBFERC yaitu jumlah poin tertinggi dengan beban dan tanpa beban. Lalu untuk kategori ATSV memiliki misi menyusuri lintasan perlombaan secepat mungkin," ujarnya dikutip dari laman UNS.

Selain itu, untuk ATSV juga melakukan pemotretan di atas permukaan air, pemotretan di bawah permukaan air, dan melakukan docking pada dermaga dengan benar.

"Penilaiannya dari jumlah poin pada setiap misi yang dapat dilakukan," imbuh dia.

Adapun KKCTBN 2023 ini, untuk kategori LBERC diikuti sebanyak 27 tim, kategori LBFERC diikuti 22 tim, dan kategori ATSV sebanyak 21 tim.

Saat diumumkan meraih podium tertinggi pada kategori LBFERC, Rizky mengaku bersyukur dan sangat senang.

"Kesan saya sebagai ketua merasa bersyukur bisa mendapatkan juara karena lawan kami di kategori ini sangat berat dan masing-masing tim memiliki inovasi yang luar biasa. Tidak lupa juga bahwa perolehan juara ini berkat kerja keras anggota tim, baik teknis maupun nonteknis yang dimulai dari awal bulan Juli untuk menyiapkan perlombaan ini," terangnya.

Baca juga: BRIN-UNS Resmikan PKR Fermentasi Tradisional, Ini Tujuannya

Tim UNS tersebut dibimbing oleh Dr. Eng. Aditya Rio Prabowo, M.T., M.Eng, Prof. Dr. Eng. Syamsul Hadi, M.T., dan Dr. Eng. Indri Yaningsih, M.T.

Melalui capaian ini, Rizky berharap agar Bengawan UV dapat terus menampilkan yang terbaik dan lebih baik lagi pada KKCTBN tahun berikutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com