Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/11/2023, 10:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Kali ini, UNS menerima penghargaan dengan memperoleh predikat 4-Star QS Rating dari QS atau Quacquarelli Symonds.

Adapun QS adalah lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia atau global yang berbasis di Inggris.

Dalam acara QS Higher Ed Summit: Asia Pacific 2023 yang diselenggarakan di Kuala Lumpur pada 7-9 November 2023, sertifikat diberikan langsung oleh Mr. Ben Sowter, Senior Vice President Quacquarelli Symonds kepada Rektor UNS Prof. Jamal Wiwoho.

Sedangkan QS STAR merupakan layanan dari Quacquarelli Symonds dalam hal penilaian terhadap institusi pendidikan tinggi dengan kriteria yang lebih banyak dibandingkan dengan yang digunakan dalam pemeringkatan QS World University Rankings.

Baca juga: Ini 7 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS WUR 2024

QS STAR memungkinkan suatu perguruan tinggi yang dinilai untuk mengidentifikasi area-area yang menjadi kekuatan dan bidang-bidang yang masih menjadi kelemahan.

Di dalam metodologi QS STAR terdapat 4 kategori yang dinilai yaitu:

1. core criteria

2. specialist criteria

3. learning environment

4. advanced criteria

Adapun untuk core criteria dilihat dari 5 aspek yaitu teaching, employability, internationalization, research dan academic development.

Sedangkan learning environment, perguruan tinggi dapat memilih satu dari dua aspek yaitu fasilitas atau online learning.

Untuk specialist criteria, perguruan tinggi dapat memilih indikator antara subject ranking atau program strength.

Sedangkan untuk advanced criteria diukur dengan dua dari empat indikator yaitu innovation, social responsibility, inclusiveness dan art & culture.

Menurut Prof. Jamal, dari pencapaian UNS ini mengalami peningkatan dari sebelumnya 3-Star di tahun 2018. Pada penilaian kali ini, UNS secara keseluruhan memperoleh 4-star.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com