Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat TIK di Sekolah, Pembelajaran Lebih Menarik

Kompas.com - 20/10/2023, 15:16 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Di sekolah saat ini sudah banyak penggunaan alat Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) seperti komputer atau laptop.

Dengan alat TIK, proses belajar dan mengajar tidak lagi monoton. Bahkan salah satu dampak positifnya ialah berkurangnya penggunaan kertas.

Jadi, penggunaan TIK di sekolah bukan lagi sekedar inovasi, tetapi juga menjadi investasi penting guna memajukan mutu dan efektivitas pembelajaran.

Siswa tentu harus tahu apa saja manfaat penggunaan alat TIK di lingkungan sekolah. Informasi dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (20/10/2023).

Baca juga: Animasi Karya SMK RUS Kudus Sudah Berkelas Internasional

Manfaat TIK di sekolah

1. Bisa mengakses banyak konten belajar

Jika siswa sudah menggunakan komputer atau laptop yang terhubung dengan internet, maka bisa mengakses berbagai sumber belajar.

Keberadaaan alat TIK di sekolah dapat membantu peserta didik mengerjakan tugas sekolah dengan mencari bahan belajar dari internet.

2. Pembelajaran jadi lebih menarik

Jika cara lama memakai buku dan kertas, maka dengan alat TIK memungkinkan pemanfaatan multimedia pembelajaran.

Atau animasi pembelajaran, dan sebagainya untuk menyampaikan materi pembelajaran. Hal ini membuat proses belajar jadi lebih menarik.

3. Tingkatkan keterampilan teknologi

Dengan menggunakan alat TIK secara rutin dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan teknologi yang krusial di era digital ini.

Baca juga: Ini 5 Dampak Pergaulan Bebas bagi Remaja

Para siswa dapat belajar tentang penggunaan perangkat lunak, mengoperasikan aplikasi, dan memahami konsep-konsep teknologi informasi.

4. Administrasi pembelajaran lebih efisien

Penggunaan perangkat TIK dapat mempermudah pengolahan data administrasi pembelajaran, yakni dengan cara mengakses Akun Pembelajaran belajar.id.

Adapun fitur-fitur yang ada pada belajar.id terdiri dari surat elektronik (email), penyimpanan dan pembagian dokumen secara elektronik, pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik, penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik.

Serta pelaksanaan proses pembelajaran secara daring, baik secara sinkronus (dilakukan pada waktu yang bersamaan) maupun asinkronus (fleksibel dan tidak harus dalam waktu yang bersamaan).

5. Kertas jadi berkurang

Hal paling penting ialah dengan memanfaatkan alat TIK, sekolah dapat mengurangi konsumsi kertas sehingga tercipta lingkungan go green.

Ini juga sekaligus mengajarkan siswa tentang pentingnya keberlanjutan lingkungan, atau menuju cara hidup yang ramah lingkungan.

Baca juga: Pakar Unesa: 4 Tips Sukseskan Pemilu 2024 bagi Generasi Muda

Jadi, dengan memaksimalkan potensi TIK di era yang serba digital, kita semua dapat mempersiapkan generasi muda hebat untuk menghadapi tantangan masa depan yang semakin ketat dan kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com