Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 2 Desainer SMK yang Ikuti Fashion Week di Paris

Kompas.com - 05/09/2023, 15:04 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Senang dan bangga tentu dirasakan oleh siswi dari SMKN 4 Balikpapan ini. Sebab, mereka berdua bisa tampil di ajang sebuah fashion week bergengsi di Paris pada 2-3 September 2023.

Dua siswi itu ialah Meidifa Maulidiya dan Nur Fadia Fildzah, keduanya siswi kelas XII Jurusan Tata Busana SMKN 4 Balikpapan.

Mereka berdua ikut kegiatan Front Row Paris yang diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC). Keduanya berhasil membawa busana Harukareh SMKN 4 Balikpapan di kancah internasional.

Menurut Meidifa sebagai desainer utama, busana Harukareh terinspirasi dari alam Kalimantan.

Baca juga: Siswi SMA Ini Kembangkan Aplikasi Cegah Perundungan

"Maka dari itu, penggunaan warna dan corak pada busana menggunakan warna-warna hutan Kalimantan, seperti cokelat, biru tua, maupun hijau," ujarnya, seperti dilansir dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Senin (4/9/2023).

Ternyata, dia punya cita-cita sebagai perancang busana. Maka dari itu ajang ini menjadi kesempatan baginya untuk mewujudkan mimpinya.

"Awalnya saya senang menggambar desain baju-baju anime. Maka dari itu, saya masuk Jurusan Tata Busana. Lalu, alhamdulillah, saya dipilih pihak sekolah untuk membuat desain Harukareh. Tidak menyangka dan senang banget," tutur dia.

Sedangkan Fadia juga merasa senang karena bisa ikut terlibat. Dia ikut dalam mendesain, menentukan tema koleksi, dan menjahit baju-baju untuk fashion show dan pameran.

"Senang banget dan tidak menyangka bisa tembus go international. Benar-benar rezeki yang mungkin tidak akan terulang lagi," kata Fadia.

Ada sebanyak 10 busana Harukareh dari tangan-tangan siswi SMK tersebut tampil memukau di Paris.

Sebanyak 5 busana untuk fashion show dan 5 busana lainnya untuk pameran. Jenis busana yang dibuat oleh Meidifa dan Fadia adalah outer, blus, dan gaun.

Adapun keikutsertaan SMKN 4 Balikpapan ini tidak lepas dari kolaborasi dengan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPMPV Bispar).

BBPPMPV Bispar sendiri merupakan salah satu unit pelaksana teknis (UPT) di bawah naungan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang berlokasi di Kota Depok, Jawa Barat.

Kepala BBPPMPV Bispar, Sabli, mengatakan bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan IFC untuk mencari bibit-bibit unggul dari SMK Jurusan Tata Busana sejak 2022.

"Tahun ini kami memfasilitasi SMKN 4 Balikpapan untuk menunjukkan pesona busana khas Kalimantan," katanya.

"Bispar pun membantu mengkurasi hasil karya dari siswi-siswi SMKN 4 Balikpapan agar layak dipasarkan di pasar Eropa melalui kolaborasi dengan industri," jelas Sabli.

Sedang Kepala SMKN 4 Balikpapan, Emilia Monalita, menjelaskan bahwa proses pembuatan busana ini dilakukan sejak Juni-Agustus. Kini 5 busana yang dibawa ke Paris sudah terjual dan diborong oleh pengunjung.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi Unair Inovasi Drone Bawah Air, Ini Kelebihannya

"Kegiatan Front Row Paris ini dua hari dan menjadi ajang untuk menunjukkan karya siswa SMK yang tak kalah memukau dengan desainer ternama. Beberapa busana sudah dibeli oleh pihak KBRI dan juga warga lokal di sana," jelas Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com