Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 SMA di Jawa Timur yang Mudah Masuk Akpol dan Akmil

Kompas.com - 01/09/2023, 17:47 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu jenjang karier yang banyak dipilih siswa SMA adalah masuk Akademi Militer (Akmil) atau Akademi Kepolisian (Akpol).

Dengan masuk Akmil dan Akpol, siswa bisa lulus langsung menjadi prajurit TNI dan Polisi.

Namun untuk masuk kedua sekolah kedinasan ini, perlu usaha keras dari sisi akademik dan jasmani.

Baca juga: 8 SMA Semi Militer, Cek Peluang Beasiswanya

Namun di Jawa Timur, ada 5 SMA semi militer yang lulusannya gampang masuk Akpol dan Akmil.

Sebab, kelimanya adalah SMA semi militer yang tidak hanya punya kurikulum nasional, tetapi juga punya kurikulum kesamaptaan. Pengajarnya pun ada yang dari TNI maupun Polri.

Bahkan kelima SMA ini punya fasilitas yang mendukung pelatihan fisik serta pembelajaran yang sama dengan kedua sekolah kedinasan di atas. Lalu ada beasiswa dan asramanya.

Bagi siswa SMP yang kini duduk di bangku kelas 9, bisa cek informasi yang dirangkum Kompas.com di bawah ini. Berikut 4 SMA semi militer di Jawa Timur yang terkenal.

4 SMA semi militer di Jawa Timur

1. SMA Negeri Taruna Nala

SMA Taruna Nala di Jawa Timur ini menerapkan kurikulum khusus bela negara dan kemaritiman dari TNI Angkatan Laut melalui Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Lembaga Penyediaan Tenaga Angkatan Laut (Lapetal).

Banyak lulusan SMA Taruna Nala lebih gampang lanjut pendidikan ke akademi militer, akademi kepolisian. Meski ada banyak yang masuk perguruan tinggi dan sekolah kedinasan lainnya.

Baca juga: Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akpol? Ini Jawabannya

Dalam laman resminya, Taruna Nala juga sering bekerja sama dengan banyak pihak untuk beasiswa bagi lulusan SMP yang lolos masuk SMA di Kota Malang ini.

2. SMAN 3 Taruna Angkasa

SMA ini dibangun berdasarkan kerja sama antara Pemprov Jatim dengan TNI Angkatan Udara (TNI AU).

SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun menerapkan sistem pendidikan terpadu yang meliputi kegiatan pengajaran dan pelatihan jasmani.

Bahkan, peserta didik juga mendapatkan kurikulum khusus Bela Negara dan kedirgantaraan yang diampu oleh pihak TNI AU dengan mengadopsi sistem pendidikan yang ada pada TNI AU. Ada juga beasiswa prestasi bagi calon taruna yang lolos.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com