Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Sekolah Kedinasan buat Siswa Gap Year, Bisa Daftar Tahun 2024

Kompas.com - 28/08/2023, 08:36 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa lulusan SMA atau SMK sederajat yang memutuskan gap year di tahun ini bisa mendaftar sekolah kedinasan tahun 2024.

Selain masuk perguruan tinggi, sekolah kedinasan bisa menjadi alternatif untuk menimba ilmu pendidikan ke jenjang lebih tinggi bagi siswa gap year

Jika kamu lolos masuk sekolah kedinasan, keuntungan yang kamu dapatkan adalah kuliah gratis dan lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Berdasarkan persyaratan pendaftaran sekolah kedinasan tahun 2023, ada beberapa institusi yang bisa didaftar siswa gap year.

Baca juga: Mau Daftar Akpol, Cek Minimal Nilai Ijazah, Rapor dan TOEFL

Misalnya, Politeknik Keuangan Negara atau STAN. Institusi naungan Kementerian Keuangan ini memperbolehkan siswa gap year ikut mendaftar dengan persyaratan tertentu.

Selain PKN STAN, masih banyak sekolah kedinasan yang membuka seleksi buat siswa gap year. Mana saja itu? Simak informasinya berikut ini.

8 sekolah kedinasan buat siswa gap year

1. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG)

Berdasarkan seleksi masuk STMKG 2023 lalu, siswa yang bisa mendaftar adalah berusia berumur tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada 1 September 2023.

Jadi bila kamu tahun ini lulus dan masih berusia di bawah 23 tahun maka tahun 2024 masih bisa mendaftar. Perlu diingat, STMKG bisa didaftar siswa SMA atau SMK semua jurusan.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Sekolah kedinasan buat gap year selanjutnya adalah IPDN.

Dilansir dari laman resminya, siswa yang bisa mendaftar adalah siswa SMA dan MA, termasuk lulusan Paket C yang merupakan lulusan tiga tahun terakhir.

Apabila dibuka pada tahun 2024, maka yang bisa mendaftar adalah siswa lulusan tahun 2023 dan 2022 dengan ketentuan:

  • Nilai Rata-rata Ijazah minimal 70,00 (tujuh puluh koma nol-nol).
  • Nilai Rata-rata Ijazah bagi pendaftar di Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Barat Daya minimal 65,00 (enam puluh lima koma nol-nol).

Baca juga: 9 Sekolah Kedinasan di Jawa Barat, Ada IPDN, STIN dan Poltekim

3. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Institusi milik Badan Intelijen Negara (BIN) bisa didaftar oleh siswa lulusan tahun 2021 dan 2022, dengan nilai rata-rata ijazah minimal 80 (delapan puluh).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com