Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beasiswa Baznas 2023 bagi Mahasiswa S1-S3, Beri Bantuan Dana Riset

Kompas.com - 26/08/2023, 09:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) membuka program Beasiswa Riset BAZNAS 2023 untuk Kategori Umum dan Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa).

Beasiswa Riset BAZNAS adalah program beasiswa dengan memberikan bantuan dana riset tugas akhir untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan perkuliahan, bagi mahasiswa di pendidikan tinggi S1, S2, dan S3.

Ketua BAZNAS RI, Prof. Noor Achmad mengatakan, Beasiswa Riset BAZNAS 2023 diluncurkan dalam rangka memperkuat riset tentang zakat serta memperkaya literasi pengelolaan zakat.

"Program ini juga bertujuan untuk mendorong kolaborasi antara akademisi, praktisi, ahli, dan pemangku kepentingan dalam menciptakan inovasi pengelolaan zakat," terang Noor Achmad seperti dikutip dari laman Baznas, Jumat (25/8/2023).

Baca juga: Cara Cek Penerima PIP 2023 dan Proses Pencairannya

Beasiswa Riset Baznas 2023

Prof. Dr. KH. Noor Achmad menerangkan, sudah lama BAZNAS bekerja sama dengan BRIN. Hal tersebut karena BRIN mempunyai grand design terkait Indonesia ke depan.

"Kita akan mengembangkan dana sosial keagamaan, sekaligus melakukan pengembangan masyarakatnya sehingga nanti apa yang kita lakukan ini sesuai yang diharapkan oleh BRIN," papar Noor.

Noor menjelaskan, aspek pendidikan menjadi satu instrumen yang dapat digunakan untuk mengentaskan lingkaran kemiskinan.

Oleh karena itu, diperlukan peningkatan akses pendidikan untuk penduduk prasejahtera. Hal tersebut menjadi komitmen BAZNAS melalui Lembaga Beasiswa BAZNAS.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Singapura 2024 Tanpa Batas Usia, Uang Saku Rp 24 Juta Per Bulan

Noor menyebutkan, pada Program Beasiswa Riset ini, BAZNAS memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa. Di mana mahasiswa tersebut harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

"Kita membuka selebar-lebarnya, jika kriteria proposalnya sesuai maka kita akan berikan (dana bantuan riset) dan persyaratannya unik di mana terkait hal-hal keagamaan, ekonomi, sosial sekaligus perkembangan masyarakat," terang Noor.

Baca juga: Lulusan 14 Jurusan Kuliah Ini Berpeluang di Rekrutmen CPNS 2023

Dengan adanya Program Beasiswa Riset BAZNAS, lanjut Noor, hal ini bisa menjadi sebuah kajian atau riset untuk BAZNAS ke depannya dalam memastikan dan menentukan program-program kerja BAZNAS yang sesuai dan tepat sasaran sehingga bantuan yang disalurkan bisa bermanfaat untuk orang yang membutuhkan.

Dalam hal ini BAZNAS berharap BRIN dapat memberikan arahan, bimbingan, mentor, untuk para peneliti penerima Beasiswa Riset BAZNAS dalam rangka menguatkan metodologis dan publikasi hasil riset.

Kepala BRIN RI Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc menyampaikan, terdapat dua aspek penting yang menjadi tujuan dari kerja sama dengan BAZNAS, di antaranya untuk riset terkait tata kelola zakat, infak, dan sedekah, serta menyinergikan skema riset yang sudah ada.

Kerja sama dengan BAZNAS terdapat dua aspek, yang pertama ingin peningkatan kerja sama riset untuk kajian terkait tata kelola zakat, infak, sedekah dan sebagainya yang lebih modern dengan koridor syariah.

Baca juga: Beasiswa S1 ke Oxford dan Cambridge 2024, Kuliah Gratis dan Tunjangan

Supaya multiplier effect dari dana yang terkumpul dan yang dikelola BAZNAS itu bisa meningkat, karena dasarnya zakat yang diberikan muzaki harus segera disalurkan.

"Kita mencoba mencari skema-skema dalam model syariah supaya manfaat untuk umat lebih terlihat. Kemudian yang kedua terkait beasiswa riset ini kami ingin menyinergikan skema riset yang sudah ada di BAZNAS dan BRIN," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com