Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah SMA Taruna Nusantara Gratis? Ini Info Berikut Fasilitasnya

Kompas.com - 24/08/2023, 09:44 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apakah SMA Taruna Nusantara gratis mungkin menjadi pertanyaan siswa SMP yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah yang berada di Magelang, Jawa Tengah tersebut.

SMA Taruna Nusantara menjadi salah satu sekolah terbaik di Indonesia dan selalu diincar ribuan siswa SMP untuk melanjutkan pendidikan.

SMA Taruna Nusantara merupakan sekolah swasta yang dikelola oleh lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) yang berada dibawah naungan Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pertahanan (YPSDP).

Sebagai informasi, saat menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara, siswa membutuhkan biaya saat mendaftar hingga selama menempuh pendidikan.

Baca juga: Adakah Syarat Tinggi Badan untuk Masuk SMA Taruna Nusantara? Cek Infonya

Apakah SMA Nusantara gratis?

Sehingga jawaban dari apakah SMA Taruna Nusantara gratis adalah tidak.

Dilansir dari laman resmi SMA Taruna Nusantara, Kamis (24/8/2023) jika mengacu pada biaya pendidikan di SMA Taruna Nusantara pada tahun ajaran 2023/2024 ada beberapa komponen biaya pendidikan yang dibutuhkan.

Biaya sekolah di SMA Taruna Nusantara dibagi menjadi tiga kategori sesuai jalur pendaftaraan siswa baru. Yakni jalur beasiswa (BS), jalur Iuran Sekolah (IS) serta jalur Kontribusi Khusus (KK).

Masing-masing jalur pendaftaran siswa baru di SMA Taruna Nusantara ini juga berpengaruh terhadap biaya sekolah yang diperlukan.

Berikut rincian biaya sekolah SMA Taruna Nusantara sesuai dengan jalur penerimaan siswa baru:

1. Jalur Beasiswa

Siswa yang berhasil diterima di SMA Taruna Nusantara lewat jalur beasiswa akan dibebaskan dari sejumlah komponen pembiayaan.

Seperti uang pangkal, uang komite sekolah, uang kontribusi khusus, biaya operasional pendidikan. Namun demikian, siswa yang lolos lewat jalur Beasiswa di Taruna Nusantara tetap akan membayar sumbangan sukarela yang diisi sesuai kesanggupan.

2. Jalur Iuran

Sekolah siswa yang diterima di SMA Taruna Nusantara lewat jalur Iuran Sekolah akan membayarkan sejumlah komponen pembiayaan, antara lain:

  • Uang pangkal: Rp 50 juta
  • Uang komite sekolah: Rp 1 juta
  • Biaya operasional pendidikan sebesar Rp 5 juta per bulan selama menempuh pendidikan di SMA Taruna Nusantara.

Siswa yang diterima lewat jalur ini dibebaskan dari uang kontribusi khusus. Namun tetap membayarkan sumbangan sukarela dengan nominal diisi sesuai kesanggupan.

Baca juga: Mau Masuk SMA Taruna Nusantara? Cek Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ

3. Jalur Kontribusi Khusus

Siswa yang diterima di SMA Taruna Nusantara lewat jalur kontribusi khusus juga akan membayar sejumlah komponen pembiayaan, seperti:

  • Uang pangkal: Rp 50 juta
  • Uang komite sekolah: Rp 1 juta
  • Uang kontribusi khusus: Rp 125 juta
  • Biaya operasional pendidikan: Rp 5 juta per bulan selama pendidikan
  • Sumbangan Sukarela diisi sesuai kesanggupan.

Dari tahun ke tahun jumlah pendaftar sangat bervariasi, berkisar 4.000 hingga 5.000 pendaftar. Namun calon siswa yang berhasil diterima di SMA Taruna Nusantara kurang lebih sekitar 350 siswa saja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com