Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Muda SMA hingga Mahasiswa Indonesia Suka Kebudayaan Jepang

Kompas.com - 28/07/2023, 20:36 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Anak muda Indonesia banyak yang menyukai kebudayaan Jepang, karena menarik untuk dinikmati.

Kebanyakan datang dari siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) hingga hingga mahasiswa di bangku perguruan tinggi.

Baca juga: Mau Sekolah di SMA Pradita Dirgantara? Kenali Jalur Masuk dan Syaratnya

"Mereka datang dari umur 15-25 tahun, itu banyak mereka yang suka dari kebudayaan Jepang," kata Konseptor Utama sekaligus Owner Impactnation Japan Festival, Nugroho dalam keterangannya, Jakarta, Jumat (28/7/2023).

Meski dinikmati anak muda, sebut dia, banyak juga orangtua yang menyukai kebudayaan Jepang. Pada akhirnya, dia mewariskan kebudayaan Jepang ke anak-anaknya mereka.

"Iya mereka orangtua itu datang ke acara kebudayaan Jepang sambil bawa anak, pada akhirnya anak itu menyukai kebudayaan Jepang. Itu akhirnya yang membuat banyak orang Indonesia menyukai kebudayaan Jepang," ungkap dia.

Bagi yang suka dengan kebudayaan Jepang, dia menyebut ada acara Impactnation Japan Festival 2023 yang akan diselenggarakan di Istora Gelora Bung Karno (GBK) Senayan pada 29-30 Juli 2023.

Acara ini didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan beberapa Kementerian yang menaungi kebudayaan maupun pariwisata.

Seluruh pecinta budaya Jepang dapat bergembira bersama dalam festival ini. Enam artis yang tampil di event ini, yaitu Flow, Kana-Boon, Yama, Burnout Syndrome, Cho Tokimeki Sendenbu, dan DJ Senna.

Di acara itu juga terdapat banyak area yang memuat berbagai konten menarik, seperti Community Booth, Maid Cafe, Cosplayer Booth, Area Cosplay Rental Booth, Rumah Hantu Jepang (Obakeyashiki), Japanese Bazaar, dan Japanese Cullinary.

Baca juga: Sosiolog UGM: Anak Muda Rentan Terkena Gangguan Kesehatan Mental

Selain penampilan enam bintang tamu spesial dari Jepang, acara juga akan dimeriahkan oleh penampilan J-Indo Iand, DJ Anikura, Wotagei, Idol Group, Anisong Competition, serta Cosplay Competition (Coswalk).

Impactnation menjadi ajang berkumpulnya para pecinta budaya Jepang, serta tempat berjejaring para komunitas pecinta anime, manga, hingga komunitas cosplay.

Kegiatan ini secara tidak langsung turut menjadi ajang kegiatan positif bagi generasi muda Indonesia karena memberikan informasi dan edukasi budaya Jepang secara langsung melalui konten dan pertunjukan yang menarik, ditambah suasana festival yang didesain dengan konsep area kota-kota besar yang ada di Jepang, seperti Yokohama, Kyoto, Tokyo, Osaka, Sapporo, dan Nagoya.

Baca juga: Dosen UMM: Ini 10 Cara Mencegah Stroke

"Banyak kebaikan dan value dalam berbagai kebudayaan Jepang. Kebaikan nilai ini diterjemahkan dalam karya musik, konten manga dan anime, hingga fashion dalam format budaya tradisional dan populer kekinian," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com