Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dialog ASEAN untuk Kebijakan PAUD: Mengejar Ketertinggalan Pascapendemi Covid

Kompas.com - 25/07/2023, 16:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kemendikbudristek, Sekretariat ASEAN, SEAMEO CECCEP, Tanoto Foundation, dan Asia-Pacific Regional Network for Early Childhood (ARNEC) menggelar "Dialog Kebijakan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ASEAN".

Konferensi Internasional ke-3 tentang PAUD dan Pengasuhan Anak ini berlangsung pada 25-26 Juli 2023.

Dalam "3rd International Conference on Early Childhood Care Education and Parenting (ICECCEP)", Dirjen PAUD Pendidikan Dasar, dan Menengah, Iwan Syahril menegaskan, Kemendikbudristek konsisten lakukan modifikasi kurikulum PAUD agar responsif terhadap perkembangan zaman serta menjalin kolaborasi dengan banyak pihak, termasuk swasta.

“Saya berharap konferensi hari ini menjadi kesempatan bagi negara-negara ASEAN untuk menyatukan berbagai gagasan dengan saling berbagi praktik baik dalam penyediaan layanan PAUD yang berkualitas," ujar Iwan Syahrir.

"Bersama-sama kita dapat membangun masa depan yang lebih baik, dimulai dari komitmen yang lebih kuat dalam meningkatkan kualitas layanan PAUD,” ajak Iwan di hadapan para menteri pendidikan dari 11 negara kawasan Asia Tenggara, duta besar negara-negara Asia Tenggara.

“Besar harapan saya bahwa kita akan terlibat dalam diskusi yang bermanfaat dan bermakna dalam rangka memajukan PAUD di kawasan ASEAN,” tambahnya.

Komitmen bersama Menteri Pendidikan ASEAN

Direktur Southeast Asia Ministers of Education Organization Regional Centre for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP), Prof. Vina Adriany menjelaskan, dalam konferensi internasional tersebut dibahas 5 topik bahasan pada sesi pararel.

Baca juga: Kemendikbud: Indonesia Percepat Transformasi PAUD di Kawasan ASEAN

 

“Dalam konferensi ini akan dibahas seputar Pendidikan Pengasuhan Anak Universal dan Transisi ke Pendidikan Dasar, Pengaruh Lokal & Global pada PAUD, PAUD Holistik dan Terintegrasi, Membangun Ketahanan PAUD, dan Pendidikan Pengasuhan Anak," jelas Prof. Vina.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com