Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lulusan SMA/SMK hingga Fresh Graduate, Ini 9 Tips Cari Kerja

Kompas.com - 25/07/2023, 16:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lulus dari SMA/SMK atau fresh graduate, tentu harus segera mencari pekerjaan. Tapi ada tantangan tersendiri bagi lulusan baru ini.

Sebab kurangnya pengalaman kerja menjadikan lulusan baru tersebut butuh usaha keras agar bisa bersaing dengan pencari pekerjaan lain yang sudah berpengalaman.

Untuk itu, lulusan baru ini butuh tips cari kerja agar bisa memikat HRD dan lolos seleksi. Lantas seperti apa tipsnya?

Disitat dari Kompas.com, berikut ini beberapa tips cari kerja yang bisa dicoba oleh lulusan SMA/SMK hingga fresh graduate.

Baca juga: Fresh Graduate, Perhatikan 10 Hal Ini Sebelum Kirim Lamaran Kerja

Tips cari kerja

1. Ikut job fair

Dengan ikut job fair maka kamu bisa dapat banyak info lowongan kerja. Di job fair juga bisa langsung bertemu dengan manager HRD sehingga bisa sekaligus belajar lebih dalam tentang tips melamar kerja yang baik.

2. Ikut Walk in Interview

Tentu walk in interview bisa berguna bagi kamu yang sedang mencari kerja. Karena, walk in interview bisa dengan mudah membuatmu tahu informasi seleksi dengan cepat.

Jadi, tidak perlu menunggu lama untuk menunggu dipanggil wawancara. Sebab bisa langsung saat itu juga.

3. Ikut bursa kerja legal

Biasanya, bursa kerja ini akan diadakan oleh kementerian terkait sehingga aman dari penipuan. Maka kamu bisa ikut bursa kerja yang legal.

4. Cari info dari orang yang sudah kerja

Biasanya suatu perusahaan akan butuh karyawan setiap saat. Karena itu jika kamu punya relasi banyak, maka bisa tanya info lowongan dari orang dalam itu.

Jika kamu mendapatkan info loker dari kenalan, seperti alumni yang bekerja di perusahaan tersebut, tetapi kamu tetap mengikuti alur seleksi seperti pada umumnya, itu tidak salah. Karena sesuai prosedur.

Baca juga: Begini 7 Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja

5. Jangan percaya calo

Adapun tips cari kerja berikutnya ialah tidak percaya pada calo. Maka hindari untuk mendapatkan info loker dari calo.

Hal ini tentu saja karena kamu akan mengeluarkan biaya besar dan tidak ada jaminan untuk mendapatkan pekerjaan secara pasti.

6. Cari loker di situs online

Kini ada banyak info lowongan kerja di situs online. Tetapi kamu harus memastikan bahwa info itu dari situs yang terpercaya atau situs resmi.

7. Cari loker dari platfom

Bisa pula mencari lowongan kerja dari platfom atau aplikasi. Aplikasi-apliasi tersebut akan membantu kamu mendapatkan info loker terpercaya langsung dari perusahaan terkait.

8. Membuat CV yang menarik

Kamu bisa membuat CV yang menarik agar mendapat perhatian HRD. Ketika CV kamu monoton dan berisi informasi yang tidak relevan, kamu akan ditolak oleh HRD.

9. Mau terbuka dengan peluang baru

Kini kamu tidak boleh pilih-pilih job desk. Jangan sampai menghindari pekerjaan yang sebenarnya sesuai kualifikasi kamu, tetapi kamu langsung menghindarinya karena merasa tidak bisa mengerjakannya dengan baik.

Maka, terbukalah dengan peluang baru dan pastikan kamu semangat untuk belajar. Sebab, bekerja tidak hanya tentang mendapatkan posisi yang diinginkan, tetapi mengembangkan diri.

Baca juga: 10 Cara Membuat Lamaran Kerja via Email yang Benar

Jadi itulah beberapa tips cari kerja yang bisa coba oleh para lulusan SMA/SMK hingga fresh graduate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com