Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Robot PENS Wakili Indonesia Ikut Kontes Tingkat Asia-Pasifik

Kompas.com - 02/07/2023, 17:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai berhasil menjadi juara umum pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023, tim robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) bakal mewakili Indonesia pada ABU Asia Pacific Robot Contest 2023 di Kamboja.

Adapun tim robot PENS yang bakal berangkat ke ABU Asia Pacific Robot Contest 2023 ialah tim robot EIRA PENS.

Tim robot ini berhasil memenangi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI). KRAI adalah divisi KRI yang dipertandingkan untuk memilih wakil Indonesia dalam ajang Asia Pacific Robot Contest.

Melansir laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Minggu (2/7/2023), tim ini resmi menjadi wakil Indonesia setelah robot EIRA mengalahkan robot ABUROBONEMA dari Politeknik Negeri Malang.

Baca juga: Mahasiswa PENS Juara Dunia Kompetisi Aerospace di Amerika Serikat

Tim PENS menang di babak final Kontes Robot Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Gelora Prof. Sudarto, Universitas Semarang, Minggu (25/6/2023).

Tak hanya itu saja, PENS yang mengirimkan total sebanyak 7 tim robotnya itu berhasil memenangi sejumlah kategori.

tentunya dalam kompetisi robot bergengsi yang diikuti oleh perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, baik perguruan tinggi akademik maupun politeknik tersebut.

Dari sekitar tujuh kategori yang dilombakan, PENS total membawa pulang 8 (delapan) penghargaan.

Menurut Direktur PENS, Aliridho Barakbah kemenangan ini merupakan hasil perjuangan tim yang didukung dengan doa dari berbagai pihak.

Pada kesempatan tersebut, Aliridho juga turut memberikan pesan kepada para mahasiswanya untuk tetap rendah hati dengan capaian prestasi yang baru saja diraih.

"Harus tetap rendah hati dan mau terus belajar meningkatkan kapasitas dan potensi diri," ujar Direktur Aliridho dikutip dari laman Ditjen Vokasi.

Baca juga: PENS Siap Produksi Mobil Listrik, Sasar di Daerah Susah Bensin

Selain Tim EIRA yang berhasil lolos sebagai juara pertama, Tim ERISA dan ERSOW juga menempati posisi pertama pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Sepakbola Beroda (KRSBI-B).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com