Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cek 7 Kegiatan Mahasiswa di Kampus Selain Kuliah

Kompas.com - 02/07/2023, 16:30 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selain kuliah, mahasiswa bisa ikut berbagai kegiatan untuk mengembangkan keterampilannya. Jadi, mahasiswa jangan hanya sekedar kuliah di kampus saja.

Tetapi harus diisi dengan kegiatan positif agar berguna di masa akan datang. Maka, diperlukan manajemen waktu bagi mahasiswa.

Ini karena mahasiswa memiliki banyak waktu yang fleksibel di kampus. Oleh sebab itu, mengikuti sebuah aktivitas, baik di luar maupun di dalam kampus, adalah cara untuk mengisi waktu luang tersebut.

Melansir laman Universitas Insan Cita Indonesia (UICI), berikut ini 7 alternatif kegiatan untuk mengisi waktu luang selama menjadi mahasiswa.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Ringan bagi Mahasiswa yang Sibuk

Kegiatan mahasiswa di kampus

1. Ikut organisasi kampus

Tentu, mengikuti organisasi kampus sangat penting guna menambah jiwa leadership. Organisasi juga melatih skill berkomunikasi dan berinteraksi dengan yang lain.

Selain itu, manfaat lain dengan ikut organisasi di kampus ialah punya jaringan. Mahasiswa jadi kenal dengan banyak orang.

2. Ikut kegiatan kepanitiaan kampus

Selain ikut organisasi, mahasiswa juga bisa mengikuti kegiatan kepanitiaan sebuah kegiatan. Kegiatan kepanitiaan ini akan melatih tanggung jawab dalam sebuah pekerjaan.

3. Ikut program pertukaran pelajar

Pertukaran pelajar saat ini sudah menjadi salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan oleh banyak perguruan tinggi.

Kegiatan pertukaran pelajar ini biasanya diadakan setiap tahunnya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Baca juga: Tips Menjadi Mahasiswa Berprestasi

Bahkan, saat ini Kemendikbud Ristek telah mewadahi program ini ke dalam rangkaian program Kampus Merdeka.

4. Ikut program sukarelawan di kampus atau lingkungan

Adapun kegiatan mahasiswa di kampus berikutnya ialah menjadi sukarelawan. Ini ada banyak manfaatnya. Salah satunya adalah melatih jiwa sosial kita agar lebih peka dengan kondisi sekitar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com