Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2023, 11:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Terbuka kembali mendapatkan laporan keuangan Wajar Tanpa Modifikasi (WTM) yang dilakukan Kantor Akuntan Publik (KAP) Tjahjo, Machdjud Modopuro & Rekan.

Opini Wajar Tanpa Modifikasi sebelumnya disebut sebagai Wajar Tanpa Pengecualian. Pengumuman UT memperoleh Opini WTM tersebut disampaikan pada Exit Meeting, Selasa (30/5/2023) dalam Laporan Tim KAP Tjahjo, Machdjud Modopuro & Rekan kepada UT.

UT menunjuk KAP Tjahjo, Machdjud Modopuro & Rekan untuk mendapatkan keyakinan memadai atas penyusunan Laporan Keuangan BLU UT TA 2022.

Audit yang dilakukan telah berdasarkan standar audit ditetapkan Institut Akuntan Publik Indonesia. Audit telah dilakukan selama 24 Januari 2023 hingga 30 April 2023 dengan melakukan uji sampling pada 13 UT Daerah.

Kegiatan diawali laporan Kepala KPI Hendrian dan dilanjutkan sambutan Rektor UT Prof. Ojat Darojat dan Majelis Wali Amanat (MWA) Prof. Ainun Na'im. Kemudian Tim auditor KAP Tjahjo, Machdjud Modopuro & Rekan memaparkan laporan hasil audit dan management letter untuk UT.

Laporan audit dan opini KAP disambut baik Rektor UT karena secara keseluruhan tidak ditemukan kesalahan material sehingga UT mendapatkan predikat Wajar Tanpa Modifikasi (WTM).

Besar harapan dari temuan tersebut menjadi tolak ukur UT dalam memaksimalkan sistem keuangan di era PTN-BH. Kegiatan ditutup serah terima laporan hasil audit antara Rektor UT dengan Ketua Tim Audit KAP.

Baca juga: Lagi, Laporan Keuangan Kemendikbud Ristek Raih WTP

Exit Meeting dilakukan secara luring di Ruang Sidang Operation Room Gedung BKUK-UT Lt. 1 dan dihadiri Rektor UT beserta jajaran pimpinan dari Kantor Wakil Rektor, Komite Audit, Majelis Wali Amanat, Pusat Pengelolaan Keuangan, Pusat Perencanaan dan Pelaporan, Direktorat Manajemen, Sarana, Prasarana dan Umum, Kantor Pengawas Internal, dan tim dari KAP Tjahjo, Machdjud Modopuro & Rekan.

Pimpinan di UT Pusat dan UT Daerah juga hadir secara daring melalui aplikasi zoom dalam kegiatan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com