Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2023, 10:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PPKn SMP DKI Jakarta dalam bentuk Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru PPKn SMP di DKI Jakarta pada Rabu 31 Mei 2013.

PkM UNJ ini mengangkat tema “Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru PPKn Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di DKI Jakarta” dan diadakan di SMP N 198 Jakarta Timur. Kegiatan diikuti 30 peserta Guru PPKn SMP di wilayah DKI Jakarta.

Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Wakil Direktur II Pascasarjana Prof. Muhammad Japar menjelaskan, kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru PPKn dalam menulis karya ilmiah.

"Ke depan, diharapkan mereka dapat berkontribusi dalam melahirkan berbagai karya ilmiah dari para guru," ujar Prof. Japar.

Pembicara pertama Prof. Nadiroh membawakan materi “Cara menulis Karya ilmiah, Teknik Penulisan, Metodologi yang digunakan, Pengolahan Data, dan Penulisan Artikel Ilmiah”.

Dalam pemaparannya Prof. Nadiroh menjelaskan, guru sebagai pendidik profesional harus bisa memahami dan menulis karya ilmiah karena selain dapat meningkatkan angka kredit dalam jabatan guru, juga dapat membiasakan guru dalam membaca dan menulis.

"Ini disebut sebagai penguatan literasi guru," tegas Prof. Prof. Nadiroh.

Narasumber kedua datang dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) DKI Jakarta diwakili Didang Setiawan.

Ia menjelaskan, pengembangan keprofesian berkelanjutan guru dapat dilakukan melalui pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.

Baca juga: BEM Unkris Gelar Kegiatan “Team Building” Jadi Bagian Pengabdian Masyarakat

 

"Publikasi ilmiah merupakan hasil penelitian yang dimuat dalam sebuah artikel ilmiah, atau gagasan inovatif pada bidang Pendidikan formal, serta publikasi berupa buku," jelasnya.

Artikel untuk Jurnal Nasional

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com