Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut UTBK SNBT 2023 di Unja, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Kompas.com - 07/05/2023, 15:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 gelombang 1 akan dimulai pada Senin (8/5/2023).

Jika kamu ikut UTBK 2023 di Universitas Jambi (Unja), maka harus memahami beberapa hal termasuk lokasi tesnya.

Melansir laman Unja, Jumat (5/5/2023), berikut lokasi dan beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan oleh para peserta UTBK SNBT 2023 sebelum melaksanakan ujian.

Nantinya, akan ada 9.630 peserta UTBK SNBT 2023 di Unja. Tentu peserta harus menaati tata tertib termasuk hal-hal yang harus diperhatikan, dibawa, dan dilarang saat UTBK berlangsung.

Baca juga: Besok UTBK SNBT 2023, Perhatikan Tata Tertib Sebelum Ujian Berlangsung

Unja sudah mempersiapkan berbagai aspek untuk memastikan kelancaran proses ujian. Pelaksanaan UTBK 2023 di Unja bakal diselenggarakan di 3 lokasi yang berbeda, yaitu:

  • Kampus Utama Unja Mendalo
  • Kampus Unja Telanaipura
  • Kampus Unja Buluran

Total keseluruhan terdapat 16 ruangan laboratorium komputer yang disiapkan dengan rincian 12 laboratorium komputer Unja Mendalo, 3 laboratorium komputer Unja Telanaipura, dan 1 laboratorium komputer Unja Buluran.

Hal-hal yang harus diperhatikan peserta

Selain itu, ada beberapa hal yang harus dibawa peserta saat ujian nanti, seperti dokumen kelengkapan wajib untuk mengikuti tes, yaitu:

  • kartu ujian atau Kartu Peserta SNBT
  • kartu identitas seperti KTP
  • fotokopi ijazah MA/SMA/SMK/sederajat

Bagi lulusan tahun ini yang belum ada ijazahnya bisa membawa surat keterangan lulus. Semua dokumen tersebut harus dilegalisir.

Baca juga: 12 Tata Tertib UTBK 2023 Selama Ujian Berlangsung

Peserta juga diwajibkan mengenakan pakaian formal, sopan, dan wajib bersepatu, serta tetap mengenakan masker.

Selain itu, peserta dilarang untuk membawa perangkat digital dalam bentuk apapun ke dalam ruang ujian.

Nanti, peserta akan melewati metal detector yang ada di tiap ruangan tes dan semua peserta akan diperiksa secara seksama oleh panitia.

Koordinator Dokumentasi dan Informasi Publik (Humas Unja), Mochammad Farisi, S.H., LL.M., menyampaikan beberapa hal yang harus dipersiapkan para peserta UTBK SNBT Unja.

"Selain dokumen kelengkapan tes yang disyaratkan, sebenarnya peserta tidak diwajibkan membawa apa-apa, cukup membawa kesiapan diri, belajar yang tekun, serta meminta doa restu dari orang tua. Perlengkapan seperti kertas buram untuk coret-coret nanti disiapkan panitia," jelas Farisi dikutip dari laman Unja.

Sebagai kampus ramah disabilitas, Unja juga sudah mempersiapkan fasilitas untuk penyandang disabilitas.

Menurut laporan terakhir, akan ada 5 peserta tunadaksa yang akan mengikuti UTBK di Unja. Panitia akan memusatkan peserta disabilitas tersebut di Lab. ICT TIK LPTIK Unja Mendalo yang sudah memiliki fasilitas jalur ramah disabilitas.

Baca juga: Ini 16 Lokasi UTBK 2023 di Universitas Brawijaya

Untuk informasi lebih lanjut, peserta UTBK SNBT 2023 di Unja bisa membuka tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com