Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Psikolog Unpad Beri Tips Atasi Rasa Cemas Jelang UTBK SNBT 2023

Kompas.com - 07/05/2023, 11:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 akan digelar besok Senin (8/5/2023).

Selain belajar sesuai materi di UTBK SNBT 2023, calon mahasiswa juga perlu mempersiapkan dokumen dan keperluan lain.

Dosen Departemen Psikologi Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Fitriani Yustikasari Lubis memberikan beberapa tips agar calon mahasiswa lebih siap menghadapi UTBK SNBT 2023.

Menurut Fitriani, kondisi yang mendukung dalam pelaksanaan ujian adalah kondisi badan yang fit dan sehat.

Baca juga: Kebiasaan Ngedot Bikin Gigi Anak Tonggos? Dosen UM Surabaya Ungkap Faktanya

Dengan kondisi badan yang sehat, peserta akan memungkinkan berpikir jernih dan siap menghadapi situasi ujian yang potensial melelahkan, karena perlu menyelesaikan berbagai soal yang acapkali sulit.

"Kondisi badan yang fit dan sehat juga mendukung ketenangan dalam menghadapi ujian," terang Fitriani seperti dikutip dari laman Unpad, Minggu (7/5/2023).

Siasati rasa cemas jelang UTBK SNBT 2023

Saat menghadapi ujian, wajar jika muncul perasaan cemas atau khawatir. Rasa cemas dan khawatir ini tetap muncul meski siswa sudah mendapatkan gambaran tentang materi UTBK SNBT 2023.

Bisa dari latihan soal hingga pengalaman kakak tingkat ataupun kerabat yang sudah pernah melaluinya. Bahkan saat calon mahasiswa sudah mempersiapkan fisik dan mental dengan baik, rasa cemas tetap datang.

Rasa cemas menjelang pelaksanaan UTBK SNBT 2023 ini bisa terjadi karena peserta belum pernah menjalaninya secara langsung.

"Bahkan, sistem ujian yang baru juga bisa membuat siswa merasa cemas karena mereka yang akan menjalani sistem ujian ini pertama kali," urai Fitri.

Dalam menyiasati rasa cemas, Fitri memberikan berbagai cara yang bisa diterapkan calon mahasiswa.

Pertama, peserta wajib percaya diri. Yakinlah bahwa persiapan yang dilakukan sudah maksimal oleh peserta.

Kedua, berdoa merupakan salah satu upaya memberikan ketenangan pada diri. Rasa tenang merupakan hal penting agar sukses hadapi ujian.

Baca juga: Biaya Pendaftaran SIMAK UI 2023, Ini Informasinya

Menurutnya, saat peserta mengalami cemas berlebihan, tentunya hal ini dapat menghambat proses berpikir siswa dalam menyelesaikan ujiannya.

"Jika cemas sulit diredakan, bisa melakukan relaksasi sebelum tes dilakukan, misalnya duduk di kursi tes sambil mengatur pernapasan," tandas Fitri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com