Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FK dan FKG Unair Peringkat 1 di Indonesia

Kompas.com - 30/04/2023, 12:57 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Pada pemeringkatan Times Higher Education (THE) World University Rankings by Subjects, Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Airlangga (Unair) menduduki peringkat I di Indonesia.

Untuk peringkat di Asia Tenggara, kedua fakultas tersebut berada di peringkat 10 dan peringkat 601-800 di dunia.

Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Unair Prof. Dr. Budi Santoso, dr., SpOG., Subsp., FER., diraihnya predikat ini membuktikan bahwa FK dan FKG Unair mampu saling melengkapi sehingga dapat menjadi yang terbaik di Indonesia.

Prof. Budi Santoso atau akrab disapa Prof. Bus itu juga menuturkan bahwa untuk mencapai predikat terbaik maka semua kegiatan di FK dan FKG selalu menjalin kerja sama dengan mitra luar negeri.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik di Asia Versi EduRank 2023, Siapa Teratas?

Hal tersebut akhirnya dapat memberikan dampak yang cukup signifikan bagi kedua fakultas yang ada di Unair tersebut.

Di Fakultas Kedokteran, kerja sama internasional tersebut dengan mengundang sebanyak-banyaknya adjunct professor atau profesor tamu. Ada empat tugas adjunct professor.

Yakni, memberikan kuliah, kolaborasi dalam penelitian, kolaborasi dalam publikasi, dan menjadi promotor atau co-promotor dari staf departemen yang mengangkatnya.

"Saat ini di FK telah memiliki sebanyak 25 adjunct professor. Dan di bulan Mei nanti Insyaallah akan bertambah tiga lagi dari Leiden University," ujarnya dikutip dari laman Unair, Jumat (14/4/2023).

Adapun syarat publikasi untuk lulusan S2, S3, SP1, dan SP2 harus secara internasional dan terindeks Scopus. Hal ini tentunya dapat mendongkrak perangkingan yang ada di FK maupun FKG.

Program double degree yang saat ini untuk S1 dengan Melbourne juga akan diperluas dengan Western Sydney University, Chulalongkorn University, Manchester University.

"Dan mudah-mudahan Malaysia dan Taiwan menyusul. Sehingga semua kelas internasional di FK Unair mengikuti double degree," imbuh dia.

Prof. Bus mengatakan bahwa tujuan utama bukanlah untuk mengejar ranking melainkan menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: 20 Universitas Terbaik di Dunia Versi EduRank 2023, Ada 1 dari Asia

Ranking merupakan efek samping sebagai hasil dari aktivitas terbaik perguruan tinggi. Perankingan ini hanyalah sebagai motivasi untuk memberikan yang lebih baik lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com