Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

19 Mahasiswa Internasional Unja Rayakan Lebaran di Jambi

Kompas.com - 28/04/2023, 12:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Momen lebaran tentu digunakan untuk berkumpul dengan keluarga. Tetapi, bagaimana jika keluarga tinggal sangat jauh.

Hal ini lah yang dialami oleh sebanyak 19 mahasiswa internasional Universitas Jambi (Unja). Tentu mereka tak bisa pulang ke kampung halaman.

Alasan tak bisa pulang karena di samping jarak yang jauh, biaya transportasi juga sangat mahal jika harus kembali ke negara asal.

Adapun 19 mahasiswa internasional Unja itu berasal dari 6 negara. Seperti Thailand, Malaysia, Myanmar, Pakistan, Yaman, dan Gambia.

Baca juga: Mahasiswi Unja Wakili Jambi Ikut Pemilihan Duta Kesehatan Indonesia

Para mahasiswa Internasional tersebut berkumpul di Mess Unja Telanaipura sejak H-1 sampai H+2 Idul Fitri. Mereka melaksanakan shalat Idul Fitri secara berjamaah di Masjid Ar Raudhoh Telanaipura.

Beberapa mahasiswa asal Thailand juga membuat Kue Nasi Kaya, makanan khas dari Negara Gajah Putih, untuk diberikan sebagai buah tangan kepada para pimpinan dan civitas akademika Unja.

Karena tak bisa pulang, mereka mengisi kegiatan berlebaran kali ini dengan melakukan kunjungan ke rumah para pimpinan dan civitas akademika Unja.

Dengan menggunakan taksi online dan sepeda motor mereka bersilaturahmi ke beberapa rumah, antara lain rumah:

  • Rektor UNJA, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.
  • Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Teja Kaswari, M.Sc.
  • Kepala UPT Layanan Internasional, Dr. Sri Wachyunni, S.S., M.Hum., M.A.
  • Wadek 1 FH, Dr. Muskibah, S.H., M.Hum.
  • Serta ke rumah beberapa dosen dan staf Humas Unja.

Salah satu mahasiswa asal Thailand, Rohanee Masae, menjelaskan perbedaan antara Idul Fitri di Jambi dengan Idul Fitri di Pattani Thailand.

"Budaya Hari Raya di sini serupa dengan Hari Raya di Thailand, kami mengunjungi rumah sanak keluarga, makan bersama, dan ada kue-kue juga," ujarnya dikutip dari laman Unja, Kamis (27/4/2023).

"Di Thailand khususnya di Pattani ada namanya Raye 6, di hari ke 6 Idul Fitri kami melakukan ziarah kubur. Untuk kami mahasiswa Thailand makanan Indonesia rasanya serupa, jadi bisa kami nikmati," imbuh Rohanee.

Sementara Omar Korta, mahasiswa Unja asal Gambia juga turut menceritakan pengalamannya saat lebaran di Jambi.

Baca juga: Dosen Unja Inovasi CPO Jadi Pelembap Kulit

"Ini pertama kalinya saya menjalani Ramadhan dan Idul Fitri di Indonesia khususnya di Jambi. Mengunjungi rumah-rumah dosen Unja. Banyak kue dan minuman kaleng, tapi saya belum terbiasa dengan makanan Indonesia, untuk saat ini saya hanya suka nasi goreng dan ayam geprek," jelas Omar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com