Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Anak Cleaning Service Bisa Kuliah di AS Berkat IISMA

Kompas.com - 21/04/2023, 16:21 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pengumuman International Student Mobility Awards (IISMA) kemarin memberikan kejutan bagi salah satu mahasiswa Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia), Bagus Hendrawan.

Namanya menjadi salah satu dari 590 mahasiswa vokasi yang akan diberangkatkan ke luar negeri untuk mengikuti pembelajaran di kampus terbaik dunia.

Mahasiswa dari Prodi Teknologi Permainan akan menjalani program IISMA selama satu semester di University of Missouri-Kansas City khususnya pada bidang artificial intelligence (AI).

Baca juga: 7 Universitas dengan Jurusan Akuntansi Terbaik di Indonesia 2023

Bagus tidak menyangka bahwa dirinya terpilih menjadi bagian yang diminati banyak mahasiswa di Indonesia.

"Saya masih enggak menyangka menjadi awardee IISMA, apalagi jika dibandingkan dengan calon lain yang memiliki banyak prestasi," kata dia mengutip laman Vokasi Kemdikbud, Jumat (21/4/2023).

Lulusan SMK 51 Jakarta ini mengaku bahwa dirinya tidak berharap banyak, apalagi dengan persaingan ketat menuju kampus yang berada di Amerika Serikat tersebut.

Namun, berkat usaha dan doa dari keluarga dan rekan-rekannya, Bagus terpilih sebagai satu-satunya mahasiswa Polimedia yang berangkat ke Negeri Paman Sam tersebut.

Bagus bertekad untuk mengembangkan permainan yang bagus untuk anak Indonesia sepulangnya belajar dari Amerika nanti.

Apalagi di Prodi Teknologi Permainan Polimedia Bagus juga sudah mempelajari bagaimana membangun dan mengembangkan sebuah teknologi permainan.

Kombinasi antara kompetensi yang didapat selama ini di kampus dan ilmu AI yang akan dipelajari nanti diharapkan bisa melahirkan karya yang membawa manfaat.

"Saya harap semoga ilmu yang saya dapatkan nanti bisa berkontribusi kembali kepada keluarga, Polimedia, dan juga Indonesia," ucap Bagus.

Baca juga: Beasiswa Kemenpora untuk Mahasiswa S1-S3, Dapat Dana Rp 10 Juta

Mahasiswa yang punya orangtua berprofesi sebagai cleaning service

Bagus masuk ke Polimedia pada tahun 2019. Selama berkuliah Bagus merupakan penerima beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul. Memiliki orangtua yang berprofesi sebagai cleaning service dan asisten rumah tangga, tidak menyurutkan semangat Bagus untuk meraih cita-cita.

Di tengah keterbatasan yang sudah dilalui semenjak bangku SMK, Bagus memetik hasil manisnya saat ini.

Ayah Bagus, Sutisna, saat mendengar kabar tersebut terasa campur aduk. Baginya, pendidikan anak merupakan kebahagiaan bagi orangtuanya.

Apalagi Bagus selalu berjuang untuk tetap mengenyam pendidikan sampai saat ini.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com