Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos IPB lewat Jalur SNBP 2023, Catat Jadwal Daftar Ulang dan Caranya

Kompas.com - 28/03/2023, 15:39 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang berhasil lolos masuk Institut Pertanian Bogor (IPB) lewat jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 perlu mencatat tanggal penting untuk melakukan daftar ulang.

Dari siaran langsung di Instagram resmi IPB, Direktur Administrasi Pendidikan IPB University Utami Dyah Syafitri mengatakan, siswa yang dinyatakan lolos masuk IPB lewat jalur SNBP 2023 bisa melakukan daftar ulang yang akan mulai dibuka Rabu, 29 Maret 2023.

"Tidak perlu buru-buru hari ini langsung melakukan daftar ulanng karena baru besok (29 Maret 2023) pukul 08.00 daftar ulang online baru dibuka," terang Utami dalam siaran langsung "Pengumuman SNBP" yang disiarkan langsung di Instagram IPB University, Selasa (28/3/2023).

Setelah melakukan daftar ulang di laman admisi https://admisi.ipb.ac.id/ ada beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan hingga akhirnya sah menjadi mahasiswa IPB University.

Baca juga: Tidak Lolos SNBP 2023, Ini Syarat dan Cara Daftar UTBK SNBT

Tanggal penting daftar ulang calon mahasiswa baru IPB

Utami menerangkan, di jalur SNBP 2023, IPB menerima 2.622 calon mahasiswa baru dengan rincian 1.777 orang diterima di program Sarjana dan 845 diterima di Sekolah Vokasi baik program D3 maupun D4.

Setelah masuk laman registrasi IPB ada beberapa langkah yang harus dilakukan calon mahasiswa baru IPB University. Berikut penjelasannya:n.

1. Registrasi online di laman https://admisi.ipb.ac.id/ bisa dilakukan tanggal 29 Maret hingga 5 April 2023.

2. Selanjutnya calon mahasiswa perlu mengupload apa yang diminta seperti hasil scan kartu peserta SNBP 2023, nilai rapor, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran dan sertifikat vaksin jika ada, tidak wajib.

3. Isi formulir yang diminta seperti biodata dan data sosial ekonomi.

Baca juga: Intip Besaran Gaji Pokok Awal PNS Berdasar Jenjang Pendidikan

4. Upload pas foto terbaru latar belakang putih atau merah.

Khusus bagi pelamar Kartu Indonesia Pintar (KIP Kuliah) ada formulir lain yang harus diisi untuk validasi dan verifikasi dari pihak IPB University.

5. Selanjutnya dari berkas yang diunggah untuk bagian sosial ekonomi dan pelamar KIP akan verifikasi oleh IPB sampai tanggal 17 april 2023.

Di tanggal 17 April 2023, calon mahasiswa IPB University bisa mengunjungi lagi laman https://admisi.ipb.ac.id/ untuk tahu biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang harus dibayar.

"Biaya UKT berdasarkan penghasilan kotor orangtua dan faktor lain. Calon mahasiswa yang diterima di jalur SNBP 2023 dan UTBK SNBT 2023 tidak dikenai uang pangkal. Jadi hanya bayar UKT saja," ungkap Utami.

6. Pembayaran UKT bisa dilakukan mulai 26 April hingga 5 Mei 2023.

Utami menambahkan, calon mahasiswa baru IPB baru sah menjadi mahasiswa baru IPB setelah melakukan dua tahap yakni melakukan daftar ulang secara online hingga melakukan pembayaran UKT sesuai golongan yang ditentukan.

"Kami akan mengirimkan email kemudian ada user name dan password untuk masuk ke sistemnya IPB dan otomatis kamu sudah sah menjadi mahasiswa IPB," imbuh Utami.

Baca juga: Tips Mudah Budi Daya Bunga Telang ala Guru Besar IPB

Utami mengimbau bagi siswa yang sudah diterima di IPB University lewat SNBP 2023 agar tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. 

"Bisa lolos di IPB University lewat jalur SNBP 2023 adalah sebuah privilege sehingga jangan disia-siakan," tandas Utami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com