Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut SNBP 2023 di Unej? Ada 2.155 Kursi yang Disediakan

Kompas.com - 01/03/2023, 16:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 telah ditutup pada Selasa (28/2/2023) kemarin.

Tentu langkah berikutnya ialah menunggu hasil pengumuman SNBP 2023 pada 28 Maret nanti. Bagi yang ikut SNBP 2023 tentu sudah tidak sabar menunggu hasilnya.

Terlebih bagi yang kemarin mendaftar di Universitas Jember (Unej), harus terus berdoa agar bisa diterima di kampus tersebut.

Melansir laman Unej, Jumat (24/2/2023), di Unej disediakan sebanyak 2.155 kursi bagi calon mahasiswa baru angkatan 2023 jalur SNBP 2023.

Baca juga: Mahasiswi Unej Inovasi Permen Anti Karies Gigi

Jumlah tersebut terdiri dari 1.915 kursi di jenjang Sarjana (S1), 42 mahasiswa baru untuk jenjang Sarjana Terapan (D4) dan 198 kuota untuk jenjang Diploma (D3).

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Rektor Universitas Jember, Iwan Taruna dalam rapat pimpinan bersama wakil rektor, ketua senat dan para dekan dalam kegiatan Harmoni Pagi yang digelar di Gedung Serba Guna Fakultas Kedokteran Gigi Jumat (24/2/2023).

Sementara Wakil Rektor I Unej, Prof. Slamin menambahkan, di tahun 2022 lalu Universitas Jember diminati oleh 23.312 siswa di jalur SNMPTN yang kini berubah menjadi jalur SNBP.

Namun yang berhasil lolos seleksi dan diterima hanya 2.380 mahasiswa baru saja.

Adapun tahun ini jumlah mahasiswa baru yang diterima Universitas Jember melalui jalur SNBP sedikit berkurang karena memang pihaknya ingin lebih selektif dalam menerima mahasiswa.

"Siswa perlu menyiapkan strategi dalam memilih program studi mengingat di jalur SNBP dan jalur SNBT nanti, bisa memilih program studi sarjana, sarjana terapan atau diploma," terangnya dikutip dari laman Unej.

Maka dari itu harus disesuaikan dengan minat dan bakatnya. Bagi siswa yang ingin mendalami sisi praktek bisa fokus ke politeknik atau program studi vokasi di universitas.

Baca juga: Ada Skema Baru di Unej, Mahasiswa Bisa Lulus Lebih Cepat

"Begitu pula yang serius ke pendalaman ilmu bisa memilih perguruan tinggi berupa universitas atau institut," jelas Prof. Slamin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com