Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Kompas.com - 06/02/2023, 16:13 WIB
|

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, saat ini mungkin ada yang masih galau belum menentukan pilihan jurusan kuliah.

Di perguruan tinggi negeri (PTN) ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa memfasilitasi bakat dan minat para calon mahasiswa.

Namun dari sekian banyak jurusan kuliah, ada perguruan tinggi negeri yang punya jurusan langka karena hanya ada satu di Indonesia.

Meski termasuk jurusan langka, namun beberapa jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Pasalnya belum banyak sumber daya manusia (SDM) yang punya keahlian di bidang tersebut.

Baca juga: Universitas Pertamina Buka Jalur Seleksi Nilai Rapor 2023, Tanpa Tes

Jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia

Merangkum dari Kompas.com, Senin (6/2/2023) berikut 10 jurusan langka di beberapa PTN Indonesia.

1. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada (UGM)

Calon mahasiswa perlu tahu bahwa jurusan Teknik Nuklir ini hanya ada di UGM. Jurusan Teknik Nuklir adalah sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya.

Meskipun jurusan ini hanya ada satu di Indonesia, Teknik Nuklir punya prospek kerja yang sangat luas. Mulai dari perusahaan pertambangan, perminyakan dan perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir.

Seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan sebagainya.

2. Astronomi, Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia adalah jurusan Astronomi ITB. Jika kamu siswa yang suka mengamati tata surya, jurusan ini bisa jadi pilihan di SNPMB 2023. Meski langka, jurusan ini punya prospek kerja cerah.

Lembaga yang membutuhkan lulusan Astronomi mulai dari lembaga penelitian, pusat sains, lembaga antariksa, planetarium, observatorium, media massa, sekolah, sampai ke perguruan tinggi.

Baca juga: 7 Jurusan D3 Berprospek Kerja Cerah, Referensi SNPMB 2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+