Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Jurusan Langka di Indonesia, Tertarik Daftar untuk SNPMB 2023?

Kompas.com - 06/02/2023, 16:13 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon mahasiswa yang mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, saat ini mungkin ada yang masih galau belum menentukan pilihan jurusan kuliah.

Di perguruan tinggi negeri (PTN) ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa memfasilitasi bakat dan minat para calon mahasiswa.

Namun dari sekian banyak jurusan kuliah, ada perguruan tinggi negeri yang punya jurusan langka karena hanya ada satu di Indonesia.

Meski termasuk jurusan langka, namun beberapa jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang terbuka lebar. Pasalnya belum banyak sumber daya manusia (SDM) yang punya keahlian di bidang tersebut.

Baca juga: Universitas Pertamina Buka Jalur Seleksi Nilai Rapor 2023, Tanpa Tes

Jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia

Merangkum dari Kompas.com, Senin (6/2/2023) berikut 10 jurusan langka di beberapa PTN Indonesia.

1. Teknik Nuklir, Universitas Gadjah Mada (UGM)

Calon mahasiswa perlu tahu bahwa jurusan Teknik Nuklir ini hanya ada di UGM. Jurusan Teknik Nuklir adalah sebuah program studi yang mempelajari ilmu inti atom dengan menggunakan prinsip-prinsip Fisika Nuklir dan interaksi antara radiasi dan material sebagai dasarnya.

Meskipun jurusan ini hanya ada satu di Indonesia, Teknik Nuklir punya prospek kerja yang sangat luas. Mulai dari perusahaan pertambangan, perminyakan dan perusahaan yang bergerak di bidang energi sangat membutuhkan tenaga ahli nuklir.

Seperti Pertamina, PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kementerian ESDM, dan sebagainya.

2. Astronomi, Institut Teknologi Bandung (ITB)

Jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia adalah jurusan Astronomi ITB. Jika kamu siswa yang suka mengamati tata surya, jurusan ini bisa jadi pilihan di SNPMB 2023. Meski langka, jurusan ini punya prospek kerja cerah.

Lembaga yang membutuhkan lulusan Astronomi mulai dari lembaga penelitian, pusat sains, lembaga antariksa, planetarium, observatorium, media massa, sekolah, sampai ke perguruan tinggi.

Baca juga: 7 Jurusan D3 Berprospek Kerja Cerah, Referensi SNPMB 2023

3. Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Universitas Airlangga (Unair)

Program S1 Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan Universitas Airlangga (Unair) masih menjadi satu-satunya di Indonesia.

Semakin canggihnya perkembangan zaman, SDM yang punya keahlian di bidang teknologi juga makin banyak dicari.

Robotika merupakan salah satu disiplin ilmu yang lahir dari gabungan beberapa bidang ilmu seperti sistem mekanika, elektronika, dan komputer.

4. Rekayasa Nanoteknologi Universitas Airlangga (Unair)

Unair masih punya jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia. Yakni Jurusan Rekayasa Nanoteknologi. Tak hanya satu-satunya di Indonesia, jurusan sarjana Rekayasa Nanoteknologi Unair juga yang pertama di Indonesia.

Penguasaan nanoteknologi akan memungkinkan berbagai penemuan baru yang bukan sekadar memberikan nilai tambah terhadap suatu produk tapi juga menciptakan nilai bagi suatu produk.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com