Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Profesi Bidang Teknologi Berprospek Cerah, Cocok untuk Introvert

Kompas.com - 22/01/2023, 14:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Jenis pekerjaan yang cocok bisa membuat para introvert memaksimalkan potensinya. Bila kamu berminat bekerja di bidang teknologi, sejumlah profesi ini bisa dicoba karena kamu tak perlu berinteraksi dengan banyak orang dalam pekerjaanmu sehari-hari.

Nah, apa saja sih pekerjaan bidang teknologi yang sesuai dengan pekerja introvert? DQLab Universitas Multimedia Nusantara telah merangkum 7 profesi tersebut:

1. Programmer

Pertumbuhan perusahaan maupun bisnis berbasis teknologi menyebabkan profesi satu ini semakin dibutuhkan. Siapa sangka, Programmer menjadi profesi yang dinilai cocok untuk pekerja introvert.

Baca juga: Beasiswa Google Career Certificates 2023 Dibuka untuk Umum, Yuk Daftar

Tidak seperti pekerjaan bidang data lainnya, programmer dapat menjalankan peran dan tanggung jawabnya dimana saja, termasuk di rumah.

Memiliki kesempatan untuk bekerja secara mandiri juga bisa mendorong programmer menjadi lebih kreatif dan inovatif menjalankan tugasnya, yaitu mengembangkan perangkat lunak atau aplikasi.

2. Research Analyst

Research analyst merupakan profesi bidang data yang berperan untuk menganalisis sumber dan menyiapkan rencana yang perlu dikaji. Umumnya, profesi ini mengutamakan metode kerja mandiri maupun grup dengan jumlah yang kecil.

Pekerjaan yang dilakukan oleh research analyst juga kerap dilakukan secara mandiri tanpa pengawasan ketat dari atasan. Tentunya, ini menjadi keuntungan bagi research analyst dengan kepribadian introvert.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

3. Software Engineer

Cocok dengan kepribadian introvert, software engineer kerap mengerjakan sebagian besar pekerjaannya tanpa harus sering berkolaborasi dengan tim lain. Beberapa tugas dari seorang software engineer adalah menulis kode, memperbaiki bug, menguji sistem hingga menyiapkan evaluasi dari suatu perangkat lunak.

4. Data Engineer

Profesi Data Engineer ini memiliki peran untuk mengelola dan merancang sistem data. Saat menjalankan tugasnya, data architect tidak memerlukan banyak interaksi sosial dan banyak berhubungan dengan teknologi informasi. Minim interaksi nyatanya tidak menutup peluang untuk mendapatkan gaji yang tinggi.

Kewajiban utama seorang data engineer adalah mengembangkan platform/medium untuk data-data yang telah diolah oleh data scientist maupun data analyst. Pengembangan platform ini meliputi proses merancang arsitektur database, serta pemeliharaan infrastruktur data.

Data Engineer menjadi salah satu profesi bidang data yang menawarkan prospek karier cemerlang dengan prospek karir yang menarik.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

5. Market Analyst

Punya kepribadian introvert dan siap bekerja dibawah tekanan? Market analyst dapat menjadi pilihan profesi yang tepat untukmu. Profesi satu ini berperan untuk menganalisis kondisi pasar, termasuk analisis kompetitor, potensi penjualan, dan layanan perusahaan.

Pekerjaan bidang data ini banyak memakan waktu untuk bekerja secara mandiri dan cocok bagi kaum introvert.

6. Aktuaris

Suka bekerja dengan hal-hal yang berhubungan dengan statistik, matematika, dan teori keuangan? Profesi ini sangat cocok untukmu. Aktuaris merupakan profesi yang berperan untuk menentukan resiko keuangan dengan tujuan membantu bisnis mengembangkan kebijakan dalam meminimalkan resiko tersebut.

Umumnya, sebagian besar pekerjaan aktuaris dilakukan dengan perangkat komputer dengan minim interaksi. Jadi, profesi ini cocok untuk kamu yang memiliki kepribadian introvert.

Baca juga: Ini Biaya Kuliah S1 Aktuaria UI, UGM, ITB, UPH, dan UB

7. Web Developer

Sama halnya dengan programmer. Web developer merupakan profesi yang relatif minim interaksi. Bertugas untuk merancang, mengembangkan, serta memelihara situs web menyebabkan profesi ini sangat dibutuhkan oleh berbagai lini industri dan bisnis.

Ternyata ada banyak profesi bidang data yang dapat menjadi pilihan untuk kamu dengan kepribadian introvert.

Untuk berkarier di bidang data, nyatanya kamu tak harus menempuh jurusan kuliah IT, karena apapun jurusan kuliahmu, kamu bisa mengasah skill dan kompetensi data science melalui pembelajaran interaktif seperti yang digelar oleh DQLab.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com