Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendikbud Ristek: Mahasiswa Jangan Cengeng Jalani Program MBKM

Kompas.com - 09/01/2023, 13:23 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menerima respons positif dari civitas akademika di Universitas Negeri Manado (Unima), Minahasa, Sulawesi Utara.

Saat berdialog di Kampus Unima, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mendengarkan cerita sekaligus masukan dari mahasiswa mengenai program-program MBKM.

Dalam dialog tersebut, dia memotivasi para mahasiswa agar jangan mudah menyerah dalam mendaftar dan menjalani program MBKM.

"Apa saja tantangannya, jangan biarkan pengalaman sekali dalam seumur hidup di program MBKM jadi tertelantarkan hanya karena cengeng," ucap dia di Unima, Sulawesi Utara, seperti diberitakan Senin (9/1/2023).

Dia mengatakan, program MBKM memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mencari pengalaman di dunia nyata.

"Mahasiswa jadi berlatih untuk lebih percaya diri, keluar dari zona nyaman, dan melakukan kolaborasi dengan pihak lain," tegas dia.

Salah satu mahasiswa Unima dari Prodi Psikologi Christy Rombon menceritakan dirinya menjadi peserta program Kampus Mengajar angkatan 4.

Christy menjadi tenaga pengajar di SD Katolik 1 Taratara, Kota Tomohon, selama kurang lebih lima bulan bersama mahasiswa dari program studi lain di dalam satu kelompok.

Selama menjalani program Kampus Mengajar angkatan 4, dia mengaku hal itu merupakan pelajaran terbesar.

"Karena baru kali itu saya bisa bertemu dengan orang luar dan beradaptasi. Bahkan di dalam satu kelompok itu kami berbeda-beda. Jadi kalau ada pemikiran yang berbeda, lalu kita coba satukan," ucap Christy.

Baca juga: Yuk Simak 9 Negara dengan Hutan Terluas di Dunia, Ada Indonesia?

Salah satu hal yang memotivasinya untuk mengikuti program Kampus Mengajar adalah karena bukan dari program studi pendidikan dan ingin belajar serta mendapatkan pengalaman mengajar anak-anak.

"Saya juga mau berusaha keluar dari zona nyaman. Mencoba bertemu dengan anak-anak. Yang utama sebenarnya ingin belajar parenting karena berhubungan dengan program studi saya, Psikologi. Di Kampus Mengajar pasti kita bertemu dengan anak-anak," tutur dia.

Tak lupa, selama mengikuti program Kampus Mengajar, Christy dan teman-temannya mengajarkan materi mengenai adaptasi teknologi, bantuan administrasi, dan yang paling utama adalah mengajar siswa SD dengan fokus pada literasi dan numerasi.

Menurut dia, program-program MBKM sudah berjalan dengan baik karena sudah rutin berjalan setiap tahun di Unima.

Baca juga: Pakar UM Surabaya Kasih 6 Tips Lindungi Anak dari Upaya Penculikan

"Dari teman-teman saya yang ikut program MBKM lain, mereka juga enjoy dengan program-programnya. Misalnya teman saya yang ikut Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), mereka enjoy dan bisa berbagi dengan kami tentang apa saja yang dilakukan di sana," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com