Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023: SNBP, SNBT, Jalur Mandiri

Kompas.com - 09/01/2023, 13:03 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Rangkaian Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 telah dimulai dengan dibukanya registrasi Akun SNPMB 2023 bagi calon mahasiswa dan sekolah. Akun SNPMB 2023 menjadi syarat untuk mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan Jalur Mandiri.

Pembuatan akun SNPMB 2023 bagi Sekolah dan Siswa juga menjadi tahap awal dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023.

Di tahun 2023, ada tiga jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dibuka secara nasional, yaitu:

1. Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 atau jalur undangan pengganti Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

2. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 pengganti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

3. Seleksi Mandiri PTN 2023.

Baca juga: SNPMB 2023, Siswa dari IPA, IPS, dan Bahasa Bebas Pilih Prodi PTN

Meski jumlah jalur masuk PTN yang dibuka sama dengan tahun lalu, namun skema hingga ujian masuk PTN yang digunakan mengalami perubahan dari tahun sebelumnya. Termasuk, di tahun 2023 siswa bebas memilih jurusan kuliah tanpa terpatok jurusan IPA, IPS atau Bahasa.

Perubahan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi.

1. Jalur SNBP 2023 pengganti SNMPTN 2022

SNBP 2023 adalah pengganti Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) tahun sebelumnya. Tidak semua siswa bisa mengikuti jalur ini.

Siswa yang bisa mengikuti SNBP atau siswa eligible adalah siswa yang dipilih oleh sekolah berdasarkan penilaian prestasi akademik maupun non-akademik.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Kedokteran UI, UGM, Unair, Undip, dan Unpad 2022

Selanjutnya, siswa terpilih dari setiap sekolah akan diseleksi kembali oleh panitia SNPMB 2023 yang dipegang langsung oleh BPPP Kemendikbud Ristek.

Pada jalur SNBP 2023, seleksi dilakukan berdasarkan semua nilai mata pelajaran selama SMA, tidak hanya untuk pelajaran tertentu saja seperti tahun sebelumnya. Dengan kata lain, semua nilai mata pelajaran diperhitungkan.

Seleksi SNBP dilakukan berdasarkan dua komponen yakni:

a. Komponen pertama, yang dihitung berdasarkan rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran paling sedikit 50 persen dari bobot penilaian.

b. Komponen kedua, yang dihitung berdasarkan nilai rapor paling banyak dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, portofolio, dan/atau prestasi paling banyak 50 persen (lima puluh persen) dari bobot penilaian.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com