Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polbeng Inovasi Kapal Fiberglass, Kini Makin Diminati Industri

Kompas.com - 31/12/2022, 15:13 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lantaran sudah memenuhi standar keselamatan, kapal fiberglass hasil inovasi Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) Riau kini semakin diminati oleh industri.

Hal itu terlihat karena Kapal Fiberglass 4 dan 5 gros tonage (GT) mesin inboard sudah berhasil dibuat sebanyak 18 unit dan laku dipesan industri.

Menurut Direktur Polbeng, Johny Custer, kapal tersebut diciptakan melalui project based learning (PBL) oleh mahasiswa Jurusan Teknik Perkapalan.

Adapun hasil produksi galangan mini Jurusan Teknik Perkapalan tersebut sudah banyak dipesan oleh industri maupun instansi pemerintahan, seperti Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau.

Baca juga: 4 Jurusan Favorit di Sekolah Vokasi dengan Gaji Menjanjikan

Galangan Mini Jurusan Teknik Perkapalan Polbeng kembali menyerahkan kapal perikanan produksi kapal ke-18 kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau.

"Sebelumnya, juga dilakukan penyerahan kapal secara simbolis kepada kelompok oleh Gubenur Riau, Syamsuar, di Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis," ujar Johny dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (30/12/2022).

Dijelaskan, satu unit kapal yang dipesan oleh Dinas Perikanan tersebut berkapasitas 4 GT dan 2 unit berkapasitas 5 GT.

Tentu dengan bahan fiberglass yang memiliki ketebalan 16 layer di bagian lunas, 9 layer di bagian lambung bawah, dan 7 layer di bagian lambung atas.

"Kapal ini dibangun mengikut standar Guidance for Certification of FRP Fishing Vessel less than 12 m Biro Klasifikasi Indonesia Tahun 2020 dengan ukuran utama," tambahnya.

Untuk mesin diesel kapal itu berkapasitas 36 HP kapal dengan 4 GT dan 48 HP untuk kapal dengan 5 GT dengan kecepatan perencanaan awal 10 knot.

"Alhamdulillah, saat sea trial oleh tim teknis kecepatan kapalnya adalah 12 knot," terang dia.

Selain itu, kapal ini dilengkapi dengan peralatan navigasi, seperti lampu, kompas, dan fishender.

Kapal itu juga telah dilengkapi dengan alat pendeteksi ikan (fish finder) dan menggunakan sistem solar cell sebagai energi terbarukan dalam sistem kelistrikan dan sistem keselamatan yang telah memenuhi standar.

Baca juga: PPNS Inovasi Kapal Plastik Hemat Bahan Bakar

"Kapal ini dilengkapi dengan alat keselamatan life jacket, life boat, dan alat pemadam api, sehingga keselamatan penerima bisa terjamin ketika melaksanakan kegiatan penangkapan ikan di perairan," jelasnya.

Dia menyebutkan bahwa pembuatan kapal tersebut tidak hanya melibatkan mahasiswa, tetapi juga didukung oleh alumni, dosen, serta penata laboran Jurusan Teknik Perkapalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com