Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PermataBank dan Kita Setara Gelar Pelatihan Vokasional bagi Penyandang Disabilitas

Kompas.com - 28/12/2022, 12:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Memperingati Hari Disabilitas Internasional (3 Desember 2022), PermataBank melalui PermataHati bersama Kita Setara Indonesia menggelar pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas.

Festival "Setara #BerdayaDenganHati" terdiri dari empat jenis pelatihan vokasional, di antaranya pelatihan barista, menjahit, desain grafis dan pemasaran digital, serta pelatihan komputer dan internet dasar bagi tuna netra.

Seluruh pelatihan akan dilaksanakan sepanjang bulan Desember 2022.

Keempat pelatihan Festival Setara #BerdayaDenganHati dilaksanakan di waktu dan tempat yang berbeda dengan menggandeng kolaborator-kolaborator yang ahli di bidang masing-masing.

Pelatihan barista dan menjahit untuk total 25 peserta akan dilaksanakan pada periode 10–23 Desember 2022 secara offline di Kampus Kita Setara, Tangerang Selatan menggandeng komunitas jahit Yuka Leather dan sahabat disabilitas sebagai pengajar dan mentor.

Pelatihan desain grafis dan pemasaran digital untuk 30 peserta dilaksanakan secara online pada periode 13- 23 Desember 2022 dengan DekarDekor, UMKM produsen dekorasi poster-poster kayu dengan desain-desain unik yang dimotori Tuna Netra berdaya bernama Muhammad Ikhwan Tariqo, sebagai kolaborator dan pemberi materi.

Pelatihan kemampuan komputer dan internet dasar bagi Tuna Netra akan diberikan kepada 10 penerima manfaat dalam periode 10–29 Desember 2022 secara online, dengan menggandeng Lentera Inklusif sebagai kolaborator pengajar dan pemberi materi.

Lentera Inklusif sendiri adalah UMKM bimbingan belajar (bimbel) yang didirikan seorang tuna netra bernama Sofyan Sukmana, yang sebelumnya mendapatkan pendampingan intensif dari program "Bangga".

Program "Bangga" adalah program pendampingan UMKM disabilitas hasil kolaborasi PermataHati dengan Precious One. Program "Bangga" sudah terlaksana hingga batch ke-V menjelang penutup tahun 2022 ini.

Baca juga: 4 Jurusan Favorit di Sekolah Vokasi dengan Gaji Menjanjikan

Richele Maramis, Division Head, Corporate Affairs PermataBank menjelaskan, “Festival Setara #BerdayaDenganHati merupakan wujud keberlanjutan dari komitmen PermataBank dalam memberdayakan sahabat-sahabat disabilitas."

"Sepanjang tahun 2022 ini, kami terus berkolaborasi dengan berbagai mitra PermataHati memberikan pemberdayaan kepada lebih dari 200 orang penerima manfaat, meliputi pelatihan vokasional siap kerja, pendampingan UMKM disabilitas, serta pemberian alat bantu kaki, tangan palsu, dan alat bantu dengar bagi mereka yang membutuhkan," jelasnya.

Agusnadi, Founder Kita Setara Indonesia mengungkapkan, "merupakan sebuah kebangaan bagi Kita Setara Indonesia dapat kembali bekerja sama dengan PermataHati dalam Festival Setara #BerdayaDenganHati ini."

"Semoga kolaborasi kali ini semakin banyak melahirkan talenta dan Sumber Daya Manusia (SDM) difabel yang mumpuni, kreatif, dan berdaya juang untuk bersaing," harap Agusnadi.

"Tentunya kami juga berharap bisa terus bermitra dengan PermataHati dalam memberdayakan sebanyak mungkin teman-teman disabilitas ke depannya," tambahnya,

Richele menyampaikan, “tahun ini merupakan pencapaian yang baru, karena selain dapat kembali berkolaborasi dengan Kita Setara Indonesia yang memiliki visi dan misi selaras dengan PermataHati dalam memberdayakan komunitas disabilitas di Indonesia.

"Kami juga menggandeng DekarDekor dan Lentera Inklusif, dua UMKM yang diprakarsai dan dijalankan oleh perwakilan komunitas disabilitas. Tentunya kami berharap hal ini juga
akan semakin menambah semangat dan motivasi bagi para peserta pelatihan, sehingga mereka bisa melihat bahwa dengan ketekunan, semangat, dan sikap pantang menyerah," ujarnya.

Baca juga: Inovasi Kendaraan Listrik dari Pendidikan Vokasi Telah Berjalan dan Akan Terus Dikembangkan

Sepanjang tahun 2022, PermataHati telah melakukan berbagai program memberdayakan penyandang disabilitas, di antaranya: pendampingan intensif terhadap UMKM disabilitas, pemberian alat bantu mobilitas dan alat bantu dengar, penyerahan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi, pelatihan memasak, membuat roti dan kue, pelatihan dasar barista bagi tuna netra, hingga pelatihan budidaya hidroponik.

Semua peserta pemberdayaan juga mendapatkan kelas literasi edukasi keuangan dan investasi dari Investment Specialist PermataBank.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com