Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/12/2022, 12:58 WIB

KOMPAS.com - Memperingati Hari Disabilitas Internasional (3 Desember 2022), PermataBank melalui PermataHati bersama Kita Setara Indonesia menggelar pelatihan vokasional bagi penyandang disabilitas.

Festival "Setara #BerdayaDenganHati" terdiri dari empat jenis pelatihan vokasional, di antaranya pelatihan barista, menjahit, desain grafis dan pemasaran digital, serta pelatihan komputer dan internet dasar bagi tuna netra.

Seluruh pelatihan akan dilaksanakan sepanjang bulan Desember 2022.

Keempat pelatihan Festival Setara #BerdayaDenganHati dilaksanakan di waktu dan tempat yang berbeda dengan menggandeng kolaborator-kolaborator yang ahli di bidang masing-masing.

Pelatihan barista dan menjahit untuk total 25 peserta akan dilaksanakan pada periode 10–23 Desember 2022 secara offline di Kampus Kita Setara, Tangerang Selatan menggandeng komunitas jahit Yuka Leather dan sahabat disabilitas sebagai pengajar dan mentor.

Pelatihan desain grafis dan pemasaran digital untuk 30 peserta dilaksanakan secara online pada periode 13- 23 Desember 2022 dengan DekarDekor, UMKM produsen dekorasi poster-poster kayu dengan desain-desain unik yang dimotori Tuna Netra berdaya bernama Muhammad Ikhwan Tariqo, sebagai kolaborator dan pemberi materi.

Pelatihan kemampuan komputer dan internet dasar bagi Tuna Netra akan diberikan kepada 10 penerima manfaat dalam periode 10–29 Desember 2022 secara online, dengan menggandeng Lentera Inklusif sebagai kolaborator pengajar dan pemberi materi.

Lentera Inklusif sendiri adalah UMKM bimbingan belajar (bimbel) yang didirikan seorang tuna netra bernama Sofyan Sukmana, yang sebelumnya mendapatkan pendampingan intensif dari program "Bangga".

Program "Bangga" adalah program pendampingan UMKM disabilitas hasil kolaborasi PermataHati dengan Precious One. Program "Bangga" sudah terlaksana hingga batch ke-V menjelang penutup tahun 2022 ini.

Baca juga: 4 Jurusan Favorit di Sekolah Vokasi dengan Gaji Menjanjikan

Richele Maramis, Division Head, Corporate Affairs PermataBank menjelaskan, “Festival Setara #BerdayaDenganHati merupakan wujud keberlanjutan dari komitmen PermataBank dalam memberdayakan sahabat-sahabat disabilitas."

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+