Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

I3L Mendapatkan Akreditasi "Unggul" untuk Prodi Bioteknologi

Kompas.com - 28/12/2022, 12:01 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia International Institute For Life Sciences (i3L) meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA) setelah sebelumnya mendapatkan akreditasi Unggul untuk Program Studi Biomedicine.

Kepala Prodi Bioteknologi I3L Putu Virgina Partha Devanthi melalui rilis resmi (28/12/2022) mengaku senang dan bangga atas capaian Prodi Bioteknologi I3L yang relatif masih muda belum berusia 10 tahun.

"Akreditasi LAMSAMA 2022 ini masih merupakan akreditasi kedua kami," ungkap Putu Virgina Partha Devanthi.

Ia menambahkan, "meningkatnya peringkat akreditasi kami menjadi Unggul merupakan buah upaya bersama dan keseriusan semua pemangku kepentingan, dari tingkat Yayasan, Rektorat, Fakultas Bio Sains, hingga staf i3L untuk terus meningkatkan kualitas prodi Bioteknologi I3L."

“Kami berharap agar prodi Bioteknologi dapat terus meningkatkan kualitas dan performanya sehingga tidak hanya unggul di tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional, dengan terus mencetak lulusan yang berdaya saing global serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian dan inovasi," Gina.

“Kami juga berharap dapat mempertahankan predikat Unggul ini di periode akreditasi berikutnya, sekaligus mulai merintis upaya akreditasi Prodi Bioteknologi i3L di tingkat regional dan internasional," tambahnya.

Gina menyatakan, akreditasi Unggul ini tidak lepas dari perjuangan program studi Bioteknologi dan juga institusi, visi, misi, tujuan, dan strategi prodi yang selaras dengan fakultas dan institusi, banyaknya kerja sama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang berdampak dan berkelanjutan.

Baca juga: Jurusan Kuliah Bioteknologi, Lulusannya Kini Semakin Dibutuhkan

“Sumber daya manusia yang berkualitas dan memadai, khususnya dosen-dosen yang memiliki kepakaran dan latar belakang pendidikan dari institusi terkemuka di dalam dan luar negeri. Usia dosen yang relatif muda sehingga selalu terbuka akan perubahan dan selalu berupaya memperbaiki Prodi Bioteknologi," ungkapnya.

"Selain itu tentunya komitmen dan dukungan dari institusi untuk selalu menjaga mutu Prodi Bioteknologi," lanjut Gina.

Gina mengungkapkan, Prodi Bioteknologi mendapatkan akreditasi unggul dengan melalui beberapa tahapan. Pada dasarnya, prodi melaporkan kinerja serta proses penjaminan mutu yang telah berjalan dalam 5 tahun terakhir kepada pihak LAMSAMA.

Laporan kinerja juga mencakup evaluasi serta rencana perbaikan dan pengembangan ke depannya.

Aspek yang dilaporkan mencakup visi, misi, tujuan, dan strategi (VMTS), organisasi, tata pamong, dan kerjasama, mahasiswa, sumber daya manusia, sarana, prasarana, dan keuangan, pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan luaran tridharma perguruan tinggi.

“Laporan tersebut disusun bekerja sama dengan Fakultas Bio Sains, Kantor Penjaminan Mutu I3L, serta dukungan dari unit terkait," jelas Gina.

Setelah dokumen yang dilaporkan dinyatakan mencukupi, pada tanggal 27-29 November 2022, tim asesor eksternal dari LAMSAMA melakukan visitasi dan penilaian lapangan.

"Visitasi tersebut meliputi diskusi dengan tim Prodi Bioteknologi, Fakultas Biosains, dan Kantor Penjaminan Mutu i3L, wawancara dengan staf, mahasiswa, dan alumni, serta kunjungan fasilitas kampus I3L," tutur Gina.

Baca juga: Peneliti UGM Terima Penghargaan Habibie Prize Bidang Kedokteran dan Bioteknologi

Hasil penilaian lapangan tersebut kemudian diserahkan oleh tim asesor kepada LAMSAMA untuk dilakukan sidang majelis.

"Berdasarkan sidang tersebut, diputuskan bahwa Prodi Bioteknologi i3L telah memenuhi persyaratan untuk memperoleh predikat Unggul, yang dinyatakan dalam Surat Keputusan No.020/SK/LAMSAMA/Akred/S/XII/2022. Predikat ini berlaku untuk 5 tahun," tutup Gina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com