Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pekerjaan Bakal Mendominasi Tahun 2030, Mahasiswa Simak

Kompas.com - 23/12/2022, 09:20 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Mengetahui pekerjaan yang semakin banyak dicari dan mendominasi di tahun 2030 dapat membantu mahasiswa untuk membentuk skill dan kompetensi yang perlu diasah untuk perkembangan karier.

Bagi calon mahasiswa, mengetahui pekerjaan yang akan mendominasi beberapa tahun mendatang dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah.

Selain itu, bagi fresh graduate, hal ini juga bermanfaat untuk mengoptimalkan penggunaan waktu dalam mengembangkan skill.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Di era digital seperti sekarang, banyak profesi yang mulai tergantikan. Pertumbuhan teknologi yang semakin pesat juga berdampak pada perubahan jenis usaha dan sektor bisnis. Dalam perkembangannya, banyak perusahaan yang menggunakan data sebagai sumber informasi.

Kebutuhan akan data yang meningkat membawa tujuan utama, yaitu menghasilkan insight baru untuk mengembangkan bisnis dan beragam sektor industri.

Berikut merupakan 7 pekerjaan yang diprediksi akan mendominasi tahun 2030 serta jurusan yang tepat untuk menggelutinya melansir platform pembelajaran Data Science DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN):

1. Data Scientist

Berdasarkan peringkat Glassdoor, profesi ini berada pada posisi kedua sebagai pekerjaan terbaik di Amerika. Memiliki peran penting dalam menganalisis, menafsirkan hingga melakukan prediksi kumpulan data menyebabkan seorang Data Scientist memiliki jenjang karir yang cerah di era digital seperti sekarang.

Jenjang karier tersebut tentu perlu didukung dengan kompetensi dan skill yang mumpuni. Beberapa jurusan yang dapat kamu pilih untuk menjadi seorang Data Scientist adalah Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro, Teknik Komputer dan Statistika.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah yang Banyak Dicari Perusahaan BUMN

Namun, sebagai multidisiplin ilmu, Data Science bisa dipelajari oleh semua orang tanpa background STEM sekalipun.

Kemampuan akan menganalisa dan statistika, pengetahuan akan machine learning serta bahasa pemrograman menjadi beberapa skill yang diperlukan oleh seorang Data Scientist.

Jika kamu tidak memiliki background IT, banyak pelatihan dan workshop secara gratis maupun berbayar yang bisa kamu ikuti untuk mempelajari skill serta kompetensi yang diperlukan.

2. Digital Marketing

Digital marketing kini semakin jadi sarana favorit dalam beriklan. Sama halnya dengan jenis iklan lainnya, konsep digital marketing adalah meningkatkan penjualan produk dari suatu brand dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Website, Search Engine Optimization (SEO), content marketing hingga online advertising adalah beberapa contoh dari penerapan digital marketing. Jurusan yang tepat jika kamu ingin menggeluti profesi ini adalah komunikasi, marketing hingga business management.

Meski begitu, sudah banyak pelatihan digital marketing yang dapat kamu ikuti untuk mengasah kemampuan.

Beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang digital marketer, pengetahuan dan pemahaman teknologi yang baik, kemampuan analisis data, strategi konten serta platform Google Analytics.

Baca juga: Ingin Kerja di Kilang Pertamina? Lulusan Jurusan Ini Dibutuhkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com