Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 08:44 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada sejumlah program studi (prodi) atau jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan BUMN.

Jurusan atau prodi yang banyak dicari perusahaan BUMN tersedia mulai jenjang D3, D4, S1 dan S2. Baik bidang Saintek maupun Soshum.

Berbagai jurusan ini dibutuhkan perusahaan milik BUMN di sektor perbankan, infrastruktur, transportasi, hingga pengolahan sumber daya alam.

Jika kamu ingin bekerja di perusahaan milik BUMN, cek 15 jurusan yang banyak dicari perusahaan BUMN berdasarkan Rekrutmen Bersama BUMN 2022 yang dibuka awal Desember:

Baca juga: 30 BUMN Buka 890 Lowongan Kerja untuk Lulusan Diploma, S1, dan S2

1. Ekonomi dan Bisnis

Hampir semua perusahaan BUMN seperti PT Kereta Api Indonesia, Bank Mandiri, PT Kimia Farma, Bank BRI.

Alasan jurusan Ekonomi dan Bisnis banyak dicari, karena lulusan jurusan ini diminta untuk bisa mengelola keuangan perusahaan.

Kamu bisa bekerja sebagai staf untuk bagian Pengendalian Keuangan, PT Kimia Farma yang mencari Pelaksana Akuntansi, dan PT Pos Indonesia untuk posisi Junior Analyst.

2. Teknik Informatika

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat lulusan jurusan Teknik Informatika banyak dicari perusahaan milik BUMN.

Tujuannya, agar dapat memaksimalkan program-program, website dan aplikasi perusahaan.

Beberapa BUMN yang membutuhkan staf dalam bidang IT ini di antaranya, PT Jasa Marga yang membuka lowongan untuk Assistant IT Network Administrator dan Assistant IT System Administrator. Lalu Industri Kereta Api (INKA) untuk posisi staf teknologi, atau programer di PT Asuransi Asei Indonesia.

Baca juga: Beda Jurusan Kuliah Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi

3. Ilmu Hukum

Setiap perusahaan memiliki bidang legal dan hukum yang mengurusi kepentingan terkait produk hukum.

Karena itu, posisi legal di banyak perusahaan BUMN sangat dibutuhkan. Untuk itu, lulusan Ilmu Hukum dari berbagai peminatan selalu dicari. Contohnya, di PT Jasa Marga atau PT RNI untuk posisi Assistant Legal.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS

4. Komunikasi

Mengapa jurusan Ilmu Komunikasi banyak dicari perusahaan BUMN? Karena mereka bertugas sebagai pengelola branding dan image perusahaan kepada masyarakat.

Hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi untuk mengisi posisi Hubungan Masyarakat atau Public Relation.

5. Psikologi

Salah satu jurusan paling vital di perusahaan BUMN adalah Psikologi. Alasannya, lulusan Psikologi dibutuhkan untuk mengisi posisi HRD atau SDM. Lulusan jurusan ini juga berguna untuk menyaring SDM yang kompeten bagi kemajuan perusahaan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com