Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Revolusi industri 4.0 menjadikan tren penggunaan big data analitik dan ilmu data semakin meningkat.

Adanya perubahan zaman dengan teknologi yang semakin canggih, maka organisasi besar maupun kecil mulai menerapkan big data analitik untuk memanfaatkan volume data agar menjadi sebuah data yang berguna.

Misalnya di industri keuangan, big data analitik sering digunakan untuk mencegah terjadinya penipuan serta menganalisis perilaku pelanggan jika sewaktu-waktu kondisi keuangan berbeda dari biasanya.

Tidak hanya itu, big data analitik juga membantu untuk menganalisis segmentasi pelanggan dengan baik seperti data transaksi pelanggan, data demografi pelanggan. Dengan demikian dapat membantu perusahaan finance dalam kegiatan pemasaran.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Demikian pula di industri kesehatan, big data analitik dapat membantu untuk memprediksi kebutuhan pasien dan juga memberikan kualitas kepada pasien lebih baik dalam membantu mereka pulih dengan cepat.

Menariknya, menurut DQLab Universitas Multimedia Nusantara, "switch career" atau perubahan haluan karier di bidang ini oleh mereka yang tidak memiliki background IT sebelumnya mengalami peningkatan yang signifikan.

Bukan hanya karena karier atau gaji yang menjanjikan, namun juga karena skill di bidang ini bisa diasah melalui beragam pelatihan hingga sertifikasi.

Bagi kamu yang ingin berkarier di bidang big data atau "switch career" ke bidang data, berikut 7 profesi big data yang paling banyak mencari pekerja:

Baca juga: 5 Ciri Kamu Termasuk Orang Cerdas, Bukan Hanya Dilihat dari IQ

1. Data Scientist

Memiliki peran penting dalam menganalisis, menafsirkan hingga melakukan prediksi kumpulan data, membuat seorang Data Scientist memiliki jenjang karier yang cerah di era digital.

Namun, jenjang karier tersebut perlu didukung dengan kompetensi dan skill yang mumpuni.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+