Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com – World Economic Forum (WEF) sejak 2020 memperkirakan ada 85 juta pekerjaan yang selama ini ditangani tenaga manusia yang akan digantikan oleh mesin.

Di tahun 2025 nanti diperkirakan manusia dan mesin akan bekerja secara berdampingan untuk menyelesaikan 85 juta peluang kerja yang ada.

Itulah mengapa, jurusan ilmu komputer menjadi salah satu jurusan kuliah yang lulusannya kian dibutuhkan.

Penggunaan dan perkembangan teknologi komputer yang terus meningkat dinilai dapat mendukung efisiensi kerja dari berbagai aspek, seperti dalam bidang bisnis dan industri.

Bagi kamu yang ingin berkuliah dan jurusan ilmu komputer, pemeringkatan dunia yang dilakukan THE World University Rankings (WUR) by Subject 2023 untuk kategori Computer Science dapat menjadi acuan kamu untuk memilih universitas.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran UI, UGM, Undip, Unpad Jalur Mandiri 2022

Ada lima indikator dalam penilaian yang digunakan oleh THE WUR 2023 dalam menentukan peringkat dari setiap universitas, yakni teaching (the learning environment), research (volume, income, and reputation), citations (research influence), international outlook (staff, students and research), and industry income (innovation).

Jurusan teknik komputer di Universitas Teknologi Bandung (ITB) menempati posisi peringkat pertama untuk universitas di Indonesia dan 601-800 di dunia.

Diikuti oleh Universitas Indonesia (UI) sebagai peringkat kedua, peringkat ketiga Universitas Telkom (Tel-U), lalu Binus University, Universitas Brawijaya (UB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Berikut rangkuman Kompas.com tentang biaya kuliah di enam kampus jurusan ilmu komputer terbaik Indonesia untuk tahun ajaran 2022/2023, dirilis dari laman masing-masing universitas.

Baca juga: SNPMB 2023, Siswa dari IPA, IPS, dan Bahasa Bebas Pilih Prodi PTN

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Ranking dunia: 601-800

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+