Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Desa Wisata Tugu Utara Bogor, Unkris dan BTN Hibahkan Mesin Kopi dan Pencacah Sampah

Kompas.com - 02/12/2022, 08:55 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Krisnadwipayana (Unkris) dan BTN bersinergi mendorong pemberdayaan perekonomian warga desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pemberdayaan diwujudkan dalam bentuk hibah mesin pencacah sampah dan mesin penggiling kopi. Selain itu juga diserahkan bantuan bibit kopi dan pupuk.

Hibah mesin pencacah sampah dan mesin penggiling kopi tersebut diserahkan Rektor Unkris Ayub Muktiono kepada Kepala Desa Tugu Utara, Asep Ma'mun Nawawi pada Senin (28/11/2022).

Kepala Desa dalam sambutan menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas hibah mesin pencacah sampah dan mesin penggiling kopi bagi warga Desa Tugu Utara.

“Alhamdulillah, kami berharap hibah mesin ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendukung kegiatan pemberdayaan ekonomi desa,” kata Asep.

Menurutnya, Unkris menjadi perguruan tinggi yang telah berperan besar dalam membangun desa Tugu Utara melalui berbagai kegiatan seperti penyuluhan, FGD dan kegiatan pengabdian masyarakat lainnya, Unkris telah berkontribusi nyata dalam pembangunan desa.

“Terimakasih selama 2 tahun Unkris terus mendorong kemajuan bagi desa Tugu Utara dengan berbagai program yang dimiliki masing-masing fakultas. Bahkan kali ini kami mendapatkan hibah mesin pencacah sampah dan mesin penggiling kopi,” lanjut Kepala Desa.

Dalam kesempatan sama, Rektor Unkris Ayub Muktiono menjelaskan sejak menjabat menjadi rektor, desa Tugu Utara menjadi salah satu desa yang dipilih untuk mengimplementasikan berbagai program pengabdian masyarakat.

“Kami tertarik untuk ikut membangun desa ini, baik menguatkan SDM-nya maupun menggali potensi SDA yang ada termasuk sektor pariwisata dan UMKM,” jelas Rektor.

Rektor menekankan, Unkris ingin hadir memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya melalui program pengabdian masyarakat.

Baca juga: Raih Hibah Matching Fund, STM PPM Gelar Pelatihan dan Pendampingan Model Bisnis Sirkular

 

“Dan Alhamdulilah kali ini berkat kerjasama yang baik dengan BTN kami menyumbangkan alat berupa mesin cacah sampah, mesin kopi untuk pembukaan caffee baru untuk mendukung kegiatan pemberdayaan UMKM, bibit kopi dan pupuk,” lanjut Rektor.

Senada juga disampaikan Woro Mumpuni, Branch Manager Kantor BTN Cabang Cibubur. Ia mengatakan bahwa berkolaborasi dengan Unkris merupakan kegiatan yang sangat membahagiakan.

“BTN ingin bermitra dengan perguruan tinggi untuk bersama-sama mendukung perekonomian masyarakat. Dan hari ini kami melalui program CSR BTN menyumbangkan mesin pencacah sampah dan mesin penggiling kopi,” katanya.

Sementara itu, Ketua LPM Unkris Susetya Herawati mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Tugu Utara ini merupakan program berkelanjutan yang dilaksanakan Unkris.

“Harapannya melalui kerjasama dengan berbagai pihak, dapat mendorong satu luaran baik bagi para dosen maupun mahasiswa sehingga kami benar-benar dapat praktek dan paham kondisi masyarakat, tidak sekadar teks book,” jelas Herawati yang juga Ketua LPKK Unkris.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com