Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 16:27 WIB

KOMPAS.com - Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN adalah perguruan tinggi di bawah Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara.

Setiap tahun, PKN STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan terfavorit calon mahasiswa, tidak kalah populer dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia sekalipun.

Di pendaftaran tahun 2022 misalnya, sebanyak 23.895 calon mahasiswa mendaftar ke PKN STAN. Diikuti dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di posisi kedua dengan 22.564 pendaftar.

Baca juga: Kuliah Gratis, Ini 11 Prodi S1 Militer Universitas Pertahanan dan Syarat

Tak heran, sebab lulusan PKN STAN berpeluang sangat menjadi CPNS di Kementerian Keuangan, lembaga pemerintah lainya, hingga Pemerintah Daerah (Pemda). Berikut keuntungan bagi kamu bila kuliah di STAN. Ketahui juga syarat masuknya.

1. Lulusan STAN diangkat jadi CPNS

Pada SPMB PKN STAN 2022, dibuka 3 (tiga) program studi yaitu Program Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Program Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Program Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Program studi diploma empat setara dengan strata satu di mana lulusannya mendapatkan gelar sarjana sains terapan akuntansi (S.Tr.Ak.)

Lulusan Prodi D4 dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Baca juga: Kemendikbud: Sekitar 1,5 Juta Calon Mahasiswa Rebutkan Kursi PTN 2023

2. Biaya kuliah di STAN gratis

Untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur program reguler atau program afirmasi dari lulusan SMA atau sederajat, seluruh biaya pendidikan di PKN STAN dibebankan kepada APBN.

Namun, PKN STAN tidak memberikan uang saku kepada mahasiswa selama Pendidikan.

3. Jalur masuk STAN

PKN STAN hanya membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui rangkaian SPMB yang dilaksanakan satu kali per tahun. Tidak ada jalur undangan atau jalur prestasi yang dibuka.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+