Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Masuk STAN, Kuliah Gratis Lulusan Jadi CPNS Kemenkeu hingga Pemda

KOMPAS.com - Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN adalah perguruan tinggi di bawah Kementerian Keuangan yang menyelenggarakan Program Pendidikan Vokasi di Bidang Keuangan Negara.

Setiap tahun, PKN STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan terfavorit calon mahasiswa, tidak kalah populer dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Indonesia sekalipun.

Di pendaftaran tahun 2022 misalnya, sebanyak 23.895 calon mahasiswa mendaftar ke PKN STAN. Diikuti dengan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di posisi kedua dengan 22.564 pendaftar.

Tak heran, sebab lulusan PKN STAN berpeluang sangat menjadi CPNS di Kementerian Keuangan, lembaga pemerintah lainya, hingga Pemerintah Daerah (Pemda). Berikut keuntungan bagi kamu bila kuliah di STAN. Ketahui juga syarat masuknya.

1. Lulusan STAN diangkat jadi CPNS

Pada SPMB PKN STAN 2022, dibuka 3 (tiga) program studi yaitu Program Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Program Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, Program Diploma IV Manajemen Aset Publik.

Program studi diploma empat setara dengan strata satu di mana lulusannya mendapatkan gelar sarjana sains terapan akuntansi (S.Tr.Ak.)

Lulusan Prodi D4 dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lainnya atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

2. Biaya kuliah di STAN gratis

Untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur program reguler atau program afirmasi dari lulusan SMA atau sederajat, seluruh biaya pendidikan di PKN STAN dibebankan kepada APBN.

Namun, PKN STAN tidak memberikan uang saku kepada mahasiswa selama Pendidikan.

3. Jalur masuk STAN

PKN STAN hanya membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui rangkaian SPMB yang dilaksanakan satu kali per tahun. Tidak ada jalur undangan atau jalur prestasi yang dibuka.

Alfiyan Oktora Sandiaga Uno akan menawarkan beasiswa kepada remaja Citayam yang dinilai membantu mempopulerkan pariwisata Jakarta.

Seleksi dan syarat masuk STAN

Terdapat tiga tahap seleksi yangdiikuti oleh peserta seleksi pada 2022. Bisa menjadi acuan untuk daftar STAN di 2023, yaitu:

  • Seleksi Administrasi
  • Seleksi Kompetensi Dasar
  • Seleksi Lanjutan

Mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022 menjadi salah satu syarat bagi calon mahasiswa yang akan mendaftar Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN.

Selain nilai UTBK, syarat lain yang harus dilampirkan ialah nilai rapor dan ijazah. Berikut persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta:

  • Memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00; atau
  • Memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00
  • Selain nilai rapor dan ijazah, peserta juga memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/12/01/162723471/cara-masuk-stan-kuliah-gratis-lulusan-jadi-cpns-kemenkeu-hingga-pemda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke