Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/12/2022, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Besaran biaya kuliah berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT) seleksi jalur mandiri 2023 akan sama dengan 2 jalur seleksi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2023 lainnya. 

Kabar baik ini disampaikan Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Dirjen Dikti Kemendikbud Ristek) Prof. Nizam.

Ia mengatakan, UKT baik dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau dulu SNMPTN dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) atau dulu SBMPTN dan jalur mandiri akan sama di Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023

Baca juga: Cara Masuk STAN, Kuliah Gratis Lulusan Jadi CPNS Kemenkeu hingga Pemda

"UKT-nya sama standar secara nasional yang ditetapkan batasnya oleh Kementerian. Kemudian dirincikan kedalam kategori UKT oleh masing-masing perguruan tinggi," ungkap Prof. Nizam dalam konferensi pers konferensi pers Sistem Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2023, Kamis (1/12/202).

Persamaan UKT antar 3 jalur seleksi PTN 2023 tersebut, akan ditentukan besarannya sesuai dengan kemampuan orangtua atau wali murid.

"Bahkan yang tidak mampu dibebaskan dengan adanya beasiswa," kata Prof. Nizam.

Sementara, untuk SNPMB 2023 ia mengatakan perubahan seleksi mengacu pada sistem pendidikan tinggi internasional.

Seluruh siswa SMA, SMK atau MA, akan diseleksi berdasarkan minat, bakat mereka.

Sehingga seleksi tidak lagi berdasarkan pada subjek, mata pelajaran saja namun akan fokus pada potensi calon mahasiswa seperti kemampuan dia bernalar, berpikir kritis, literasi, dan numerasi.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal SNBP dan SNBT di SNPMB 2023

"Masuk PTN ada dua sisi yang harus dilihat. Pertama, mahasiswa yang punya minat akan jurusan tertentu termasuk bakat. Kedua, dari sisi PTN yang harus memastikan mahasiswa masuk jurusan di PTN tersebut akan sukses. Ini kenapa ada seleksi, kami akan memilih kemungkinan yang suksesnya paling tinggi. Ukurannya potensi mahasiswa," tambahnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+