Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2022, 10:35 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lulus dengan IPK sempurna merupakan dambaan setiap mahasiswa. Namun, tidak semua bisa mendapatkannya, karena butuh kerja keras dan konsistensi dari semester ke semester.

Dua mahasiswa lulusan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mampu mewujudkan itu dan menjadi lulusan terbaik wisuda ke-103 dan 104 Unesa pada 16-17 November 2022.

Baca juga: 6 Ilmuwan Indonesia yang Diakui Dunia, Ada Alumnus ITB

Wisudawan Unesa dengan IPK sempurna 4,00 itu ada 2 mahasiswa. Yang pertama adalah Ita Rahmawati yang dinyatakan lulus pada Prodi S2 Pendidikan Olahraga.

Predikat itu merupakan buah kerja kerasnya selama kuliah. Tidak mudah memang, terlebih sebelumnya dia bukan lulusan olahraga, tetapi Teknik.

Selain itu, Ita harus membagi waktu kuliah dengan kegiatan di bidang olahraga Judo yang sudah digelutinya sejak 2008 silam.

"Saya harus memberi pelatihan olahraga Judo. Apalagi saya bisa kuliah karena Judo, beasiswa dari Koni Jawa Timur. Jadi memang tantangannya di manajemen waktu," ujar dia dalam keterangannya dikutip dari laman Unesa, Senin (21/11/2022).

Selain itu, karena prodi yang dia ambil si jenjang magister adalah olahraga sementara dia lulusan teknik memaksanya harus menjejaki teori-teori keolahragaan dari dasar. Harus sering membaca dan mendalami materi-materi seputar olahraga.

"Alhamdulilah, meskipun banyak tantangan, setelah saya lalui sepenuh hari, ternyata hasilnya luar biasa," jelas dia.

Baca juga: OJK: Penipuan Investasi Banyak Sasar Kalangan Mahasiswa

Ita mengaku, selain menorehkan predikat terbaik di bidang akademik, dia juga tercatat sebagai atlet berprestasi cabor Judo.

Dia pernah meraih medali perak pada PON 2004, medali emas pada PON 2008, medali perak pada PON 2016, medali perunggu pada PON 2021, medali perunggu pada SEA GAMES 2021, dan puluhan medali emas pada ajang KEJURNAS setiap tahunnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+