Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/11/2022, 18:01 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Video yang menunjukkan Presiden Prancis, Emmanuel Macron sedang jalan-jalan, menyapa, dan berswafoto bersama warga di Bali menghebohkan warganet Indonesia, khususnya di dunia TikTok.

Untuk diketahui, presiden berusia 44 tahun tersebut menjadi salah satu kepala negara yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Salah satu agenda yang dihadiri Macron selama di Pulau Dewata adalah jamuan makan malam bertajuk "Welcoming Dinner & Cultural Performance G20 Indonesia" yang digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Selasa (15/11/2022).

Macron hadir di jamuan makan malam KTT G20 dengan setelan kemeja putih dan celana panjang. Lalu selepas acara ini Macron segera meninggalkan kawasan GWK untuk kembali ke hotel.

Namun, di tengah perjalanan, Macron justru turun dari mobil kepresidenan Mecedes-Benz G-Class yang ditumpanginya dan berjalan kaki sejauh dua kilometer dengan pengawalan cukup ketat sekitar pukul 22.00 WITA.

Di tengah gelapnya malam, Macron begitu menikmati suasana Bali sembari meladeni permintaan swafoto dari warga bahkan sempat menggendong dan mencium bayi dari seorang ibu bernama Ni Luh Ana Putri Ani.

Video Macron jalan-jalan di Bali dan mencium bayi ramai-ramai diunggah warganet ke TikTok sampai menjadi viral dan menyedot perhatian banyak orang, termasuk media.

Menanggapi “beraninya” Macron jalan-jalan di Bali, Pakar Pariwisata Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr. Deria Adi Wijaya angkat suara.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Paling Bahagia untuk Mahasiswa, Ada Incaranmu?

Dia menyebut tindakan Presiden Macron membuktikan bahwa Indonesia sangat aman.

Standar aman yang dimaksud Deria tidak hanya berlaku untuk wisatawan lokal maupun mancanegara, tapi berlaku juga untuk delegasi dari negara-negara lain bahkan tamu setingkat VVIP yang menghadiri konferensi internasional.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+