Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Industri Pelayaran, Poltekpel Sumbar Cari Kualitas Taruna

Kompas.com - 14/11/2022, 11:19 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Semakin tingginya tingkat kebutuhan pasar terhadap tenaga kerja pelayaran mendorong Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) untuk menyelenggarakan survei.

Hal ini guna memonitoring kualitas dan kuantitas taruna dan taruni Poltekpel Sumbar yang direkrut oleh perusahaan pelayaran.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

"Sebagai pengelola perguruan tinggi, kami perlu berkolaborasi dengan pengguna lulusan untuk memetakan kompetensi yang dibutuhkan, harapannya agar para lulusan Poltekpel Sumbar dapat memenuhi segmentasi pasar," kata Direktur Poltekpel Sumbar, Capt. Wisnu Risianto dalam keterangannya, Senin (14/11/2022).

Kegiatan monitoring dan pelaporan penyerapan lulusan turut menghadirkan perusahaan pelayaran sebagai pengguna lulusan.

Albertus Eko Kuswinoto, selaku Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Muda turut menyampaikan peningkatan kualitas dan kuantitas taruna dan taruni praktik maupun lulusan.

"Kami meningkatkan pelayanan dengan memberikan kemudahan kepada perusahaan pelayaran untuk melakukan seleksi dan monitoring secara langsung kepada para taruna/taruni serta lulusan melalui pemanfaatan aplikasi yang telah kami kembangkan," ujar Albertus.

Usai pemaparan, sebanyak 20 perusahaan pelayaran yang hadir menyampaikan sharing dan masukan kepada Poltekpel Sumbar.

Beberapa masukan yang disampaikan seperti, peningkatan kualitas Bahasa Inggris, attitude dan kualitas interview, kelengkapan dokumen cadet, pemahaman teori dan praktek taruna/taruni, kepuasan pelanggan dan masukan lainnya.

Perusahaan pelayaran juga turut mengisi survei tingkat kepercayaan pengguna lulusan yang disediakan oleh Poltekpel Sumbar.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Polri, Terbuka bagi Lulusan Sarjana dan SMA

Hasil dari survei serta masukan dari pihak perusahaan pelayaran sebagai pengguna lulusan dan praktek taruna/taruni menjadi bahan evaluasi bagi Poltekpel Sumbar kedepannya.

Selama kegiatan, juga dilangsungkan penandatanganan kerja sama antara Poltekpel Sumbar dengan 2 (dua) perusahaan pelayaran, yaitu PT Hoeg LNG dan PT Gurita Lintas Samudera.

Kerjasama yang diselenggarakan menambah deretan jumlah kerjasama Poltekpel Sumbar dengan perusahaan pelayaran dalam rekrutmen taruna/taruni untuk kegiatan praktek.

Poltekpel Sumbar juga akan meningkatkan kompetensi para taruna/taruni agar lebih kompetitif dan mampu bersaing di industri dunia kerja bidang pelayaran.

Baca juga: 8 Universitas Terbaik di Jawa Timur Versi QS AUR 2023, Ada 2 PTS

"Melalui kegiatan ini diharapkan akan ada evaluasi serta tindak lanjut baik dari sisi taruna/taruni, maupun dosen dan tenaga kependidikan di Poltekpel Sumbar," tukas Capt. Wisnu Risianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com