Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Mendidik Anak Usia 6 Tahun Agar Cerdas

Kompas.com - 13/11/2022, 06:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendidikan bagi anak sejatinya dimulai dari orangtua dan juga dari sekolah. Pendidikan ini tidak hanya semata-mata bidang akademis tapi juga pembentukan karakter anak.

Bagi anak usia 6 tahun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya tumbuh cerdas.

Tak bisa dipungkiri bahwa cara mendidik anak agar tumbuh cerdas bukanlah hal mudah. Orangtua harus memiliki kesabaran dan ketelatetan. Karena pada anak usia 6 tahun, biasanya mereka punya rasa ingin tahu besar tentang berbagai hal yang ditemuinya.

Pada usia ini juga, karakter anak akan mulai terbentuk. Lantas bagaimana cara mendidik anak usia 6 tahun agar cerdas? Berikut ulasannya.

Baca juga: 5 Tips Cegah Pencurian Motor ala Dosen UM Surabaya

Melansir dari sekolah inklusi Cherish Academy di Jakarta Pusat, Sabtu (12/11/2022) membagikan cara mendidik anak usia 6 tahun agar cerdas.

Apa saja cara yang bisa dilakukan orangtua? Simak informasi berikut ini.

Cara mendidik anak usia 6 tahun agar cerdas

1. Membiasakan disiplin

Disiplin merupakan fondasi untuk dapat melakukan segala hal dengan baik. Kebiasaan disiplin ini juga sudah terbentuk akan membawa manfaat bagus hingga mereka dewasa.

Membiasakan disiplin ini bisa dimulai dengan kebiasaan bangun pagi. Disiplin dalam hal bangun pagi ini akan membuat anak-anak berangkat sekolah tepat waktu.

Cara mendidik anak usia 6 tahun agar cerdas dengan mengajarkan disiplin sejak dini hanya akan efektif jika orang tua memberikan contoh kepada mereka.

Baca juga: 9 Universitas Terbaik di Jawa Barat Sesuai QS AUR 2023, Ada 5 PTN

2. Beri asupan makanan bergizi

Agar anak tumbuh cerdas juga perlu didukung dengan asupan makanan bergizi. Tidak hanya memenuhi nutrisi untuk kebutuhan fisik, makanan-makanan yang masuk ke tubuh merekan juga sangat penting untuk perkembangan otaknya.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Selain itu, nutrisi makanan yang bagus bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anak tidak mudah sakit.

Makanan dengan gizi seimbang bisa memberikan energi sehingga anak-anak akan selalu bersemangat saat belajar dan melakukan aktivitas lainnya.

3. Mengembangkan hobi

Cara mendidik anak usia 6 tahun agar cerdas berikutnya adalah dengan mengembangkan hobi dan bakat mereka.

Hobi merupakan salah satu hal yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Dari hobi yang ditekuni juga bisa berbuah prestasi.

Mengenali bakat mereka sejak dini adalah hal yang perlu dilakukan orangtua. Mendukung kesukaan anak-anak akan membuat mereka berkembang lebih baik dan lebih kreatif.

Baca juga: Agar Anak Sukses di Masa Depan, Bekali 10 Keterampilan Ini

Itulah 3 cara mendidik anak usia 6 tahun agar tumbuh cerdas yang perlu diketahui orangtua. Selain tiga hal ini, ada banyak cara untuk menstimulasi anak agar tumbuh dengan baik dan juga cerdas. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com