Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMK di Jawa Barat Ini Ternyata Penghasil SDM Unggul Bidang Logam

Kompas.com - 12/11/2022, 12:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu SMK unik di Indonesia, SMK Industri Logam yang berada di Sumedang, Jawa Barat ini menjadi penghasil sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang logam.

Tak hanya itu saja, SMK Industri Logam juga memiliki salah satu jurusan langka, yakni Teknik Pengecoran Logam.

Tidak heran jika banyak lulusannya yang terserap di industri. Lantas, mengapa tiba-tiba sekolah ini membuka Jurusan Pengecoran Logam?

Baca juga: 7 Peluang Kerja SMK Tata Busana

Menurut Kepala SMK Industri Logam, Agus Herdiana, ternyata semua berawal dari adanya saudara dari pemilik yayasan yang bekerja di perusahaan pengecoran logam.

"Awal mulanya ada Saudara dari pemilik yayasan yang bekerja di perusahaan pengecoran logam, sehingga yang memiliki yayasan sekolah ini ingin mendirikan Jurusan Pengecoran Logam. Kami lalu mencari informasi tentang adanya jurusan pengecoran logam," ujarnya dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (11/11/2022).

Kemudian, sekolah ini mulai beroperasi pada 2010 dengan jumlah siswa hanya 20 orang. Tahun berikutnya bertambah 44 siswa baru.

Karena sudah ada kelas 11, akhirnya diminta oleh Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bandung untuk melakukan praktik magang di sana.

"Kerja sama ini juga termasuk membahas kurikulum, hingga akhirnya sekolah ini menjadi binaan Polman sampai sekarang," tutur Agus.

Baca juga: Perbedaan Vokasi dan Sarjana, Jangan Salah Pilih

Barulah setiap tahun, lanjut Agus, sekolah tersebut mulai mengembangkan diri. Hingga jumlah siswa terus merangkak naik. Selain itu guru-guru pun kerap mengikuti pelatihan.

"Bahkan, saya menjadi salah satu penyusun soal UN di bidang pengecoran logam pada 2017-2019 lalu," imbuhnya.

Agus menambahkan, pada 2017 sekolah ini mulai digandeng oleh PT Komatsu Indonesia untuk memberikan kesempatan magang siswa di perusahaan tersebut, termasuk penyelarasan kurikulum dan guru tamu.

Tentu, adanya kerja sama dengan industri ini juga turut meningkatkan jumlah siswa dan informasi kepada masyarakat terkait sekolah ini.

Bahkan, sekolah ini tercatat kerap meraih juara dalam ajang Akito, perlombaan siswa dalam bidang pengecoan logam, yang diselenggarakan Komatsu. Tahun lalu SMK Industri Logam meraih juara 1 dan 2.

Selain itu, pihak sekolah juga menjalin kerja sama dengan perusahaan lainnya, seperti Jaya Indah Casting (JIC) dan PT Gopal. Adapun untuk yang diterima bekerja, terakhir mengirimkan 40 siswa ke Komatsu, yang lolos tahap awal 20 siswa.

Baca juga: 4 Jurusan Paling Diminati di Sekolah Vokasi

"Yang lainnya ada yang diterima bekerja di JIC, Gopal, hingga ke Pekalongan. Bahkan, tahun pertama kelulusan pada 2013 semua lulusan direkrut oleh PT Gopal," jelasnya.

Dengan luas sekolah saat ini sekitar 9.000 m2 yang menaungi 149 siswa, sekolah ini juga memiliki asrama yang diperuntukkan bagi siswa di luar Kabupaten Sumedang. "Kami fasilitasi gratis untuk menginap saja," tandas Agus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com