Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Jenderal AH Nasution Bisa Selamat dari Penculikan G-30-S

Kompas.com - 29/09/2022, 14:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peristiwa pengkhianatan G-30-S merupakan catatan kelam dalam sejarah bangsa Indonesia. Dalam peristiwa G-30-S, ada sejumlah petinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) dan beberapa korban lainnya gugur.

Namun, dalam pengkhianatan G-30-S,  ada salah satu Jenderal Besar Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) yang berhasil lolos dan selamat. Dia adalah Abdul Haris Nasution atau sering disebut AH Nasution.

Lantas, siapa sebenarnya AH Nasution yang menjadi sasaran pengkhianatan G-30-S dan bagaimana beliau bisa selamat? 

Dilansir dari laman kebudayaan.kemdikbud.go.id, Kamis (29/9/2022), Abdul Haris Nasution lahir 3 Desember 1918, di Kotanopan, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Baca juga: Bedah Buku Unair: DN Aidit, Pemimpin PKI yang Pernah Jadi Muazin

AH Nasution pernah jadi guru sebelum terjun ke militer

AH Nasution merupakan seorang anak petani yang bergelut di dunia militer setelah sebelumnya sempat menjadi guru di Bengkulu dan Palembang.

Tahun 1940, ketika Belanda membuka sekolah perwira cadangan bagi pemuda Indonesia, la ikut mendaftar. Selanjutnya, la menjadi pembantu letnan di Surabaya.

Tahun 1942 ia mengalami pertempuran pertamanya saat melawan Jepang di Surabaya. Saat pasukannya bubar, ia lari ke Bandung. Di kota ini ia bekerja sebagai pengawal pamong praja.

Tidak betah dengan pekerjaan sebagai priyayi, tahun 1943 ia masuk militer lagi dan menjadi Wakil Komandan Barisan Pelopor di Bandung.

Selama kariernya di militer, AH Nasution juga dikenal sebagai penggagas Dwifungsi ABRI. Selain konsepsi dwifungsi ABRI, ia dikenal sebagai peletak dasar perang gerilya. Gagasan perang gerilya dituangkan dalam bukunya yang fenomenal, Strategy of Guerrilla Warfare.

Baca juga: Deretan Pahlawan Revolusi yang Gugur Saat Pemberontakan G30S PKI

Selain diterjemahkan ke berbagai bahasa asing, karya itu menjadi buku wajib akademi militer di sejumlah negara. Termasuk sekolah elite militer dunia West Point, Amerika Serikat.

AH Nasution dikenal berani terang-terangan menentang komunis. Pada tahun 1948 ia memimpin pasukan Siliwangi untuk menumpas pemberontakan PKI di Madiun.

la juga aktif menghalangi manuver-manuver PKI, antara lain menentang usul mempersenjatai buruh dan pada awal pemerintahan Orde Baru.

Berhasil melarikan diri saat serangan hingga patah kaki

AH Nasution nyaris menjadi korban G30 S PKI dan masuk dalam daftar penculikan. Namun, dia beruntung karena berhasil lolos.

Saat pasukan Cakrabirawa datang 30 September 1965 sekitar pukul 04.00, istri AH Nasution, Johanna Sunarti memintanya agar tidak keluar rumah.

Baca juga: Soal Tim Bayangan Nadiem, Komisi X: Tidak Pernah Dikomunikasikan

Jenderal Nasution kemudian melarikan ke samping rumah diikuti istrinya, adiknya Mardiah. Serta anak bungsunya Ade Irma Suryani yang digendong Mardiah menuju samping rumah. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com