Kompas.com - 29/09/2022, 06:16 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih merespons anggota tim bayangan atau shadow organization yang diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim di forum PBB.

Dia menilai, apa yang disampaikan Nadiem terkait 400 anggota tim bayangan merendahkan sumber daya manusia (SDM) Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Punya 400 Anggota Tim Bayangan, Pengamat: Nadiem Tak Percaya ASN Kemendikbud

"Frasa/term 'shadow organization' atau tim bayangan Nadiem di forum PBB sangat berlebihan dan merendahkan SDM di Kemendikbud Ristek, sehingga perlu ada penjelasan resmi ke Komisi X, terkait peran, fungsi, dan anggarannya dalam SOTK Kemendikbud Ristek," kata dia melansir laman DPR, Rabu (28/9/2022).

Politisi PKS ini menilai, secara internal Kemendikbud Ristek, dalam hal ini Inspektorat, perlu mengaudit sejauh mana sistem kerja dan peran tim shadow organization Menteri Nadiem, terutama dalam penggunaan dan pertanggung jawaban anggaran.

Sebab dalam statement Menteri Nadiem, ketua tim bayangan setara dengan Direktur Jenderal (Dirjen).

"Dalam konteks akselerasi transformasi teknologi dalam dunia pendidikan, Komisi X dalam posisi selalu mendukung. Hanya saja perlu 'roadmap' yang jelas karena kebijakan pendidikan menyangkut masa depan bangsa, penggunaan teknologi adalah tools daya dukungnya," jelas Fikri.

Bahkan, kata Fikri, Komisi X DPR sudah lama merekomendasi Kemendikbud Ristek untuk membuat peta jalan pendidikan yang sampai saat ini belum juga ada.

"Jika Menteri Nadiem merasa percaya diri dengan apa yang dipaparkan di forum internasional, maka mulai membuka diri untuk berdialog dan berkomunikasi langsung dengan berbagai elemen pemangku kepentingan pendidikan yang ada di dalam negeri," tutur Anggota DPR Dapil Jateng IX.

Pengamat Pendidikan dari Vox Populi Institut, Indra Charismiadji menyatakan, adanya 400 anggota tim bayangan itu membuktikan Menteri Nadiem tidak membangun sumber daya manusia (SDM) Aparatur Sipil Negara (ASN) di bawah komandonya sendiri.

"Makanya beliau (Menteri Nadiem) harus ambil dari luar 400 anggota tim bayangan itu," ungkap Indra.

Baca juga: Menteri Nadiem Buka Suara Terkait 400 Anggota Tim Bayangan

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.