Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raih Hibah PKKM 2022, Fikom UMN Gelar Program MBKM Kemanusiaan di Lebak

Kompas.com - 21/08/2022, 09:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

Penulis: Chininta Rizka Angelia, Strategic Communication Dept. UMN

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (Fikom UMN) meraih hibah "Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Kemendikbud Ristek Tahun Anggaran 2022".

Program yang disusun UMN adalah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Klaster Penelitian dan Proyek Kemanusiaan bertajuk "Kesiapsiagaan Bencana dan Resiliensi Pascabencana".

Ketua Program MBKM Kemanusiaan Fikom UMN Maria Advenita menjelaskan, komunikasi kebencanaan menjadi hal penting mengingat Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi bencana tertinggi di dunia.

"Indonesia itu seperti supermarket bencana," ungkap Maria saat memberikan sambutan pada Kick Off Program MBKM Kemanusiaan di Villa Hejo Kiarapayung Desa Panggarangan, Kecamatan Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten pada Jumat, 19 Agustus 2022.

"Maka dari itu, topik komunikasi kebencanaan diangkat sebagai upaya mendorong masyarakat untuk lebih terbuka berbicara tentang kebencanaan dan lebih siap menghadapi potensi-potensi bencana yang ada di Indonesia," lanjutnya.

Melalui program ini, UMN sebagai institusi pendidikan mengajak masyarakat melalui mahasiswanya untuk lebih sadar terhadap lingkungan sekitar dan mahasiswa juga diajak untuk lebih menajamkan sensibilitas pada kemanusiaan.

Baca juga: OMB UMN 2022: Ciptakan Kampus Tanpa Narkoba, Perundungan, dan Kekerasan Seksual

Gandeng Gugus Mitigasi

Sebanyak 16 mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi dan 6 mahasiswa prodi Jurnalistik mengikuti program ini. UMN menggandeng Gugus Mitigasi Lebak Selatan (GMLS) dan PT Multimedia Digital Nusantara (MDN) sebagai mitra tempat mahasiswa belajar.

"Dalam program MBKM Kemanusiaan, kami menggandeng GMLS yang secara entitas sudah menjalankan program kesiapsiagaan bencana dan resiliensi pasca bencana. Kemudian kami juga menggandeng MDN yang secara entitas rutin melakukan riset," lanjut Vita.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com